BPK Sambangi Sungai Citarum

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Dengan alasan memeriksa program pengerukan sungai Citarum di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, anggota Badan Pemeriksa Keuangan RI Ali Maskur Musa berkunjung ke tempat tersebut, Senin (26/11).

Dia menjelaskan sungai Citarum adalah penyumbang air terbesar di Jawa Barat dan DKI Jakarta. “Sungai Citarum menyuplai 50% total pembangkit listrik di tiga PLTA, yaitu Cirata, Saguling dan Jatiluhur,” katanya di sela-sela kunjungan.

Selain menyuplai air, ditambahkan Ali, Sungai Citarum juga menyuplai kebutuhan air bersih di Jakarta dan sekitarnya. Maka itu, jika Sungai Citarum kotor, seluruh aspek kehidupan akan terganggu.

“Kami ke sini juga untuk memeriksa dua hal, yakni realisasi keuangan negara mengenai program normalisasi Sungai Citarum. Kedua, terkait lingkungan di sekitar Sungai Citarum mengenai perilaku buang sampah masyarakat,” ungkapnya.

Pihaknya hingga kini belum menemukan dugaan korupsi realisasi anggaran normalisasi Sungai Citarum pada 2012 sebesar Rp 213 miliar.

“Temuan belum karena sedang melaksanakan pemeriksaan anggaran hingga 2013. Anggaran 2012 dalam tahap proses audit,” jelas Ali.

Selain itu, proyek normalisasi akan dilakukan secara bertahap hingga tahun 2013 dengan memakan anggaran Rp 1,2 triliun. (AVILA DWIPUTRA)

Related posts