Benahi Citarum, Pemprov Rangkul TNI

  • Whatsapp
Kodam III Siliwangi

JABARTODAY.COM – BANDUNG

 

Di Jawa barat ada kemanunggalan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan Pemerintah Daerah. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengisyaratkan hal itu ketika memaparkan program penghijauan dan rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.

 

Heryawan merinci, Pemprov Jabar melibatkan jajaran Kodam III Siliwangi dalam program pelestarian lingkungan tersebut, karena memiliki pengalaman dan kecepatan melaksanakan kegiatan di medan sulit.

 

“Kami senang bekerja sama dengan TNI, termasuk dalam bidang lingkungan. Untuk tahun ini disiapkan Rp 5 miliar untuk penghijauan di hulu hingga hilir,” ungkap Gubernur Heryawan kepada wartawan, usai menanam pohon di DAS Citarun di Desa Bojongsari, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Sabtu (29/12).

 

Kodam Siliwangi telah menanam 190 ribu lebih batang pohon dalam rangka penghijauan di berbagai kawasan di Jabar. Ditambah 22 ribu batang pohon di Kecamatan Gedebage dan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, dalam rangka peringatan Hari Juang Kartika 2013.

 

Heryawan menambahkan, upaya menjaga keseimbangan alam perlu didukung semua pihak. Bila gotong-royong dijalankan degradasi lingkungan dapat dikurangi sehingga bencana alam berkurang. “Kerjasama dengan TNI pada tahun-tahun mendatang akan terus kita tingkatkan,” ujarnya lagi.

 

Pada kesempatan yang sama, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Sonny Wijaya mengatakan, keterlibatan TNI dalam kegiatan penghijauan dan pembersihan DAS Citarum merupakan amanat Undang-undang. TNI, kata Pangdam, memang diwajibkan untuk membantu Pemerintah Daerah.

 

Kegiatan itu juga dimaksudkan, Sonny menambahkan, sebagai wujud kepedulian TNI kepada masyarakat bawah. Kepedulian pun ditargetkan agar kemunggalan tentara dengan rakyat semakin kental. “Tanpa dukungan rakyat tidak akan berarti apa-apa,” tegas Sonny (HUMAS PEMPROV JABAR/NJP)

Berita Terkait