Bambang Pamungkas Ibaratkan Nasionalisme Seperti Iman

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM – JAKARTA

Bambang Pamungkas mengibaratkan nasionalisme seperti iman. Sama seperti halnya iman, Bambang Pamungkas melihat nasionalisme sifatnya personal yang tidak bisa diukur dengan perspektif orang lain dan tidak bisa dinilai secara sederhana.

“Nasionalisme itu seperti iman, seberapa besar iman seseorang, hanya orang tersebut yang tahu. Demikian juga nasionalisme seseorang, rasa cinta terhadap tanah air itu ada di dalam hati sanubari kita masing-masing. Dan seberapa besar itu.? Hanya kita yang tahu..,” tulis Bambang Pamungkas di situs pribadinya bambangpamungkas20.com.

Menurut Bambang Pamungkas nasionalisme sebuah hal yang kompleks dan tak bisa dinilai secara kasat mata. Seseorang bisa saja menjadi seseorang yang nasionalis dan tak nasionalis dalam waktu yang bersamaan.

“Orang-orang yang rajin serta selalu berdiri di baris paling depan saat mengikuti upacara bendera hari senin, belum tentu taat membayar pajak. Mereka-mereka yang dengan serta merta berdiri tegak dengan sikap hormat, setiap mendengar lagu kebangsaan terdengar, belum tentu tidak korupsi,” Bambang Pamungkas mencoba menjabarkan pengertian nasionalisme bagi dirinya.

“Jadi jangan lagi menyangkut-pautkan masalah tim nasional dengan rasa nasionalisme. Nasionalisme itu perjabarannya bisa sangat luas, tidak hanya dalam lingkup sepakbola. Pemain yang memilih bermain untuk tim nasional, tidak serta merta lebih nasionalis daripada mereka yang memilih untuk memberi dukungan melalui layar kaca, begitu pula sebaliknya.” Lanjut Bambang Pamungkas merespon kritik luas tentang pesepakbola yang tidak nasionalis.

Bambang Pamungkas berharap semua pihak yang berwenang untuk mencari solusi demi Indonesia. Karena menurut Bambang Pamungkas, konflik sepak bola di Indonesia ini akhirnya mempertaruhkan harkat dan martabat bangsa di Piala AFF 2012 nanti.

Seperti yang diketahui, Bambang Pamungkas sendiri memutuskan untuk ikut bergabung dengan pemusatan latihan timnas asuhan Nil Maizar untuk AFF Suzuki Cup 2012, meskipun dirinya memperkuat klub Indonesia Super League (ISL).

<Rie>

 

Related posts