Ambil Alih Penuntutan Perkara Kejahatan Jalanan

 

Kepala Kejati Jabar Setia Untung Arimuladi

JABARTODAY.COM – BANDUNG Dalam rangka menekan angka kejahatan jalan, serta memberikan keadilan pada masyarakat, Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat Setia Untung Arimuladi mengambil alih penanganan perkara saat memasuki tahap penuntutan.

Kejahatan jalanan menjadi penting, karena pelakunya sering bertindak cukup sadis. Maka itu, penanganan perkaranya yang dilakukan Kejaksaan Negeri bakal diambil alih Kejati. “Perkara yang saya anggap sangat penting, agar pengendaliannya ada di Kejati,” ujar Untung, dalam Press Gathering Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Selasa (27/12).

Tak hanya itu, hal ini juga berlaku bagi perkara yang berhubungan dengan kekerasan seksual pada anak. Apalagi, perkara kekerasan terhadap anak yang ditangani oleh Kejati mencapai 587, tertinggi kedua setelah kasus penyalahgunaan narkotika dengan 2.262. “Kita tidak ingin, bila tuntutan di satu daerah dengan daerah lainnya berbeda, padahal kasusnya sama,” tegas Untung.

Di kesempatan sama, Untung membeberkan, capaian kinerja Bidang Tindak Pidana Umum sepanjang 2016, yang telah menyelesaikan 8.775 berkas perkara untuk dilimpahkan ke pengadilan dari 10.776 surat perintah dimulainya penyidikan (SPDP). “Sebanyak 9.116 telah menjadi berkas tahap I. Dalam penerimaan berkas tahap I, Pidum telah menyelesaikan 8.553 berkas perkara,” tutur mantan Kajati Riau tersebut. (vil)

Related posts