Saturday , 7 December 2019
Home » Headline » 9 Mahasiswa UPI Lolos dalam Olimpiade Sains Nasional Pertamina

9 Mahasiswa UPI Lolos dalam Olimpiade Sains Nasional Pertamina

JABARTODAY.COM – JAKARTA

Sebanyak 9 mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia lolos dalam seleksi  Olimpiade Sains Nasional Pertamina (OSN-Pertamina) 2011 tingkat Jawa Barat. Mereka kemudian bersaing dalam Olimpiade Sains Nasional Pertamina tingkat nasional yang diselenggarakan di Universitas Indonesia, 1- 4 November 2011.

Mahasiswa UPI yang lolos OSN Pertamina 2011 adalah Salwa Nursyahida yang masuk peringkat 7 dalam Kompetisi Matematika; Rifan Satiadi, masuk peringkat 6 Kompetisi Fisika; Wida Lidiawati, peringkat 9 Kompetisi Fisika; Farhan Nafisah masuk peringkat 2 Kompetisi Kimia; Farida Septiany peringkat 3 Kompetisi Kimia; Hendra Gunawan S, masuk peringkat 5 Kompetisi Kimia; Yunita Purnamasa, peringkat 9 Kompetisi Kimia; Fauzi Akhbar Anugrah, peringkat 3 Kompetisi Biologi; dan Intan Khairunnisa, yang masuk peringkat 5 Kompetisi Biologi.

Olimpiade Sains Nasional Pertamina 2011 yang , mengangkat tema “Mencetak Generasi Berprestasi Sebagai Energi Negeri” merupakan salah satu wujud komitmen PT Pertamina (Persero) dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Kali ini, OSN-Pertamina menginjak tahun keempat. PT Pertamina (Persero) bersama sama dengan Universitas Indonesia (UI) didukung Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendiknas.

OSN PTI tahun 2011 menjaring lebih dari 16.748 mahasiswa atau meningkat 23 persen dibanding tahun 2010 dengan 13.500 mahasiswa. Peningkatan jumlah peserta ini menunjukkan titik cerah harapan baru kemajuan minat dan inovasi mahasiswa dalam bidam sains. Para peserta kemdudian memperebutkan total hadiah Rp 2,8 miliar.

Penyelenggaraan OSN-Prtamina 2011 terdiri atas tiga tahap, yakni pendaftaran peserta, seleksi tingkat provinsi, dan seleksi tingkat nasional. Pendaftaran dilakukan secara on-line melalui website www.osnpertamina.commulai tanggal 1 Agustus hingga 20 September 2011. Sementara seleksi tingkat provinsi melalui babak penyisihan yang dilakukan serentak di semua provinsi pada 27 September 2011, dan final tingkat provinsi dilaksanakan 7 Oktober 2011. Sedangkan tahap seleksi tingkat nasional  dilakukan 1- 4 November 2011.

OSN-Pertamina 2011 terbuka bagi seluruh mahasiswa S-1 yang minimal duduk di semester tiga, serta bukanlah pemenang OSN-Pertamina pada tahun sebelumnnya, atau mahasiswa yang pernah mengikuti olimpiade sains internasional. Pada penyelenggaran  OSN-Pertamina 2011, panitia melakukan serangkaian pengembangan dalam teknis pelaksanaan kompetisi yaitu jalur best theory dan best presenter.

OSN-Pertamina 2011 merupakan ajang kompetisi sains antar mahasiswa perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta di seluruh Indonesia. Bidang yang dilombakan pada OSN-Pertamina 2011 meliputi Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. OSN-Pertamina 2011 merupakan program CSR Bidang Pendidikan PT Pertamina sebagai implementasi dari visi Pertamina dalam mencerdaskan anak bangsa. Penyelenggaraan OSN-Pertamina 2011 diharapkan dapat menghasilkan generasi muda Indonesia yang andal dalam bidang sains, yang bertujuan pada peningkatan kualitas pembangunan sumber daya manusia khususnya bidang sains di Indonesia, dan dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan ilmu sains dunia. (WAS/osnpertamina.com/up.edu)