Home » Peristiwa » Perayaan Imlek di Jabar Aman

Perayaan Imlek di Jabar Aman

lensaindonesia.com

lensaindonesia.com

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Kepolisian Daerah Jawa Barat mengklaim perayaan Tahun Baru Imlek 2565 di Jabar berjalan aman dan tertib, meskipun kegiatan tidak dilangsungkan serempak. Dari 122 vihara yang tersebar di beberapa wilayah di Jabar, polisi belum menerima laporan gangguan keamanan dan ketertiban.

“Alhamdulilah semua berjalan dengan lancar secara keseluruhan. Meskipun kegiatan sudah dilaksanakan jam 7 malam, namun kegiatan ritual pada intinya akan dimulai menjelang jam 12 nanti malam,” ujar Wakil Kepala Polda Jabar Brigadir Jenderal Rycko Amelza Dahniel, usai melakukan kunjungan ke beberapa vihara, Jumat (31/1/2014).

Salah satu cara untuk menghindari tindakan yang tidak diharapkan, dipaparkan Rycko, adalah dengan tindakan preventif. Disamping juga menerjunkan personel gabungan yang berjumlah 70 orang di tiap vihara maupun klenteng.

“Tentunya kita juga tidak ingin lengah. Tidak ingin kecolongan. Yang jelas kepolisian dan TNI ingin melihat saudara kita beribadah dengan tenang juga lancar. Dan seluruh kegiatan masyarakat bisa terjaga keamanan serta ketertibannya di seluruh wilayah Jawa Barat,” tegasnya.

Wakapolda mengimbau kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir apabila meninggalkan rumah dalam keadaan kosong untuk beribadah atau berkunjung, karena anggota kepolisian akan rutin melakukan operasi di pemukiman warga. “Tentunya kami akan melaksanakan patroli di pemukiman bagi saudara kita yang meninggalkan rumah, supaya mereka bisa yakin rumahnya aman ketika melakukan ibadah,” ucap Wakapolda.

Untuk pengamanan Imlek kali ini, Polda Jabar menurunkan sekitar 18 ribu personel, baik dari Polda Jabar maupun polisi kewilayahan (Polres/Polsek), dibantu unsur terkait seperti TNI, Satuan Polisi Pamong Praja, dan Dinas Perhubungan. (VIL)

Komentar

komentar