Home » Hukum » Kemenkumham Tepis Pemindahan Susno

Kemenkumham Tepis Pemindahan Susno

Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI, Mochamad Sueb, memberikan keterangan soal Susno Duadji, Selasa (7/5). (JABARTODAY/AVILA DWIPUTRA)

Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI, Mochamad Sueb, memberikan keterangan soal Susno Duadji, Selasa (7/5). (JABARTODAY/AVILA DWIPUTRA)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia tetap menepis rencana pemindahan mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri yang saat ini menjadi terpidana korupsi, Komisaris Jenderal (Purn) Susno Duadji, dari Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Cibinong Bogor ke Lapas Klas IA Sukamiskin Bandung.

Seperti dituturkan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham RI, Mochamad Sueb, bahwa pihaknya membiarkan Susno tetap di Cibinong sesuai keinginannya pasca menerima eksekusi yang dilakukan Kejaksaan Agung beberapa waktu lalu. “Tidak ada rencana (pemindahan) itu. Kalaupun nanti dipindahkan, itu adalah wewenang kami (Kemenkumham),” ujar Sueb saat meninjau Rumah Tahanan Kebonwaru Bandung, Selasa (7/5).

Bila nantinya Susno dipindahkan, pihaknya akan menyerahkan seluruh teknisnya kepada Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat sebagai pemilik otoritas di daerah tersebut. Ia juga mengaku, belum menerima perintah dari Menteri Hukum dan HAM untuk memindahkan pensiunan jenderal bintang tiga tersebut. “Hingga saat ini, kami belum menerima perintah untuk memindahkan beliau dari Cibinong,” tukasnya.

Seperti diketahui, terpidana kasus korupsi PT Salmah Arowana Lestari dan dana pengamanan Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2008 itu menyerahkan diri usai menolak dieksekusi oleh Kejaksaan Agung atas putusan Mahkamah Agung yang menvonis 3,5 tahun penjara.

Beralasan tidak mau satu lokasi dengan para terpidana korupsi yang pernah diusut kasusnya saat ia menjabat sebagai Kapolda Jabar, Susno memilih ditahan di Lapas Cibinong Bogor. (VIL)

Komentar

komentar