Home » Ekonomi » Produk Agro Jabar Bisa Tembus Pasar Belgia

Produk Agro Jabar Bisa Tembus Pasar Belgia

peta_jabarJABARTODAY.COM – BANDUNG

Director Asia-Pacific AWEX Michel Kempeneers menyatakan, peluang bisnis bagi Jawa Barat di Belgia masih sangat terbuka. Itu karena, terang Kempenners, pihaknya menyiapkan program bagi pelaku-pelaku usaha Tatar Parahyangan yang ingin berbisnis di negara tersebut, yaitu ASEAN Welcome Office.

Bentuk program itu, jelas dia, berupa insentif bebas berbagai biaya, termasuk biaya sewa gedung. “Insentif bebas biaya itu berlaku 6-12 bulan,” terangnya, belum lama ini.

Kempenneers menjelaskan, ada hal yang menguntungkan bagi pelaku usaha Jabar yang ingin berbisnis di negaranya. Benefitnya, sahut dia, dapat menembus pasar Eropa berbiaya relatif sangat murah. Pasalnya, seru Kempenneers, karena belum menjadi raksasa ekonomi, itu membuat biaya kerjasama bisnis relatif lebih murah.

Sejauh ini, aku Kempenneers, beberapa pebisnis ASEAN yang membuka pasar di Belgia. Yang terbanyak asal ASEAN, sebutnya, Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Lalu, bagaimana Indonesia? Menurutnya, pelaku usaha Indonesia di Belgia sangat sedikit, sekitar 1-2 persen. Perusahaan Indonesia yang berbisnis di Belgia, bebernya, adalah Bakrie Group. Bidangnya perekrutan pemain sepakbola.

Kempenneers berpandangan,  sejumlah produk Jabar berpotensi dan berprospek tembus pasar Eropa. Antara lain, ucap dia, sejumlah produk makanan berbasis agro, termasuk obatan-obatan herbal. (ADR)

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.