Home » Ekonomi » Italia Minat Investasi Proyek Kertajati

Italia Minat Investasi Proyek Kertajati

kertajatiJABARTODAY.COM – BANDUNG

Jawa Barat adalah kawasan dan provinsi yang seksi bagi para investor. Terbukti, sejauh ini banyak investor, baik para pelaku penanaman modal dalam negeri (PMDN) maupun penanaman modal asing (PMA), berinvestasi di Tatar Pasundan.

Melihat kondisi itu, Jabar pun memproyeksikan investasi yang bernilai besar. “Proyeksi kami, tahun ini, nilai investasi di Jabar mencapai Rp 47,2 triliun. Kami optimis dapat merealisasikannya,” ujar Kepala Badan Koordinasi, Promosi, dan Penanaman Modal Daerah Jabar, Dadang Mohammad, di West Java International Expo 2013.

 

Dadang menyatakan, ada beberapa sektor yang berpotensi menjadi andalan Jabar. Antara lain, pengembangan infrastruktur. Misalnya, sebut dia, rencana pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Aerocity di Kabupaten Majalengka seluas 5 ribu hektare.

 

Lalu, sambungnya, rencana pembangunan Pembangkit Listrik Panas Bumi (geothermal) di Kawah Kamojang dan Kawah Drajat, yang nilainya 18 juta Dollar Amerika Serikat (AS). “Selanjutnya, pembangunan kawasan terintegrasi di dua titik, Sukabumi dan Ciamis. Juga proyek pengolahan sampah terintegrasi di Bogor-Depok,” paparnya.

 

Sementara itu, Edgar Stegmann–Cagliano, konsultan bisnis asal Italia, menyatakan, sebenarnya, negaranya tertarik untuk berinvestasi pada proyek BIJB Kertajati. Akan tetapi, sambungnya, pihaknya menunggu putusan untuk menentukan pengelolaan bandara Kertajati pada masa mendatang.“Kami harap, hingga Desember 2013, sudah ada lembaga yang menjadi pengelola BIJB. Jika demikian, kami dapat dapat mempromosikan peluang investasi kepada para investor asal Eropa lainnya,” pungkas Edgar. (VIL)

Komentar

komentar