Home » Bandung Raya » Bandung Butuh Sentra Perdagangan

Bandung Butuh Sentra Perdagangan

Pemerintah Kota Bandung

Pemerintah Kota Bandung

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Keberadaan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi begitu besar. Karenanya, jajaran Kamar Dagang dan Industri Kota Bandung memiliki pemikiran perlu adanya berbagai upaya untuk meningkatkan eksistensi sektor tersebut. Salah satunya, yaitu perlu adanya kawasan atau sentra UMKM.

“Kawasan itu bersifat window shop, yang menampilkan beragam produk unggulan pelaku UMKM Kota Bandung,” ujar Ketua Kadin Kota Bandung, Deden Y Hidayat, di Graha Kadin Kota Bandung, Senin (30/9).

Deden menilai, kehadiran window shop itu dapat menjadi bagian dan unsur penting dalam upaya meningkatkan sektor UMKM. Window shop juga dikembangkan beberapa negara ASEAN, seperti di Thailand.

Di negeri Gajah Putih, diterangkan Deden, kehadiran window shop benar-benar membantu perekonomian negara tersebut. Dikarenakan pemerintah Thailand menjadikan Chatuchak sebagai kawasan khusus UMKM. “Tidak ada salahnya Bandung mengadopsi sistem yang dikembangkan Thailand tersebut,” sarannya.

Namun, sambung Deden, pemerintah perlu memberi dukungan. Bentuknya, terang dia, dalam menerbitkan regulasi dan peraturan yang jelas, seperti yang dilakukan pemerintah Thailand. “Hasilnya, tidak hanya sektor UMKM yang berkembang, tetapi juga pariwisatanya,” papar Deden.

Pasalnya, tukas Deden, kehadiran kawasan itu tidak hanya memberi ruang bagi para pelaku UMKM untuk mengembangkan pasar. Akan tetapi, dapat memberikan nilai tambah dan daya tarik guna meningkatkan sektor pariwisata di Kota Bandung. (VIL)

Komentar

komentar