Home » Ekonomi » Normal, Transaksi Dollar di Bandung

Normal, Transaksi Dollar di Bandung

Dollar Amerika Serikat (USD)

Dollar Amerika Serikat (USD)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

 

 

Nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat terus melemah. Posisi terakhir berada pada level Rp 11.650/USD.  Meski begitu, jual-beli dollar di sejumlah tempat penukaran uang (money canger) relatif normal.

 

“Kondisinya hampir sama dengan sebelum ada pelemahan rupiah,” ujar Dikie A Noor, Supervisor Operasional Dolarindo Cabang Merdeka, Bandung, Rabu (28/8).

 

Kecenderungan masih normalnya transaksi penukaran Dollar AS itu, sambung Dikie, terjadi baik pada pembelian maupun penjualan dollar oleh masyarakat. Kalaupun ada peningkatan terjadi pada pembelian oleh masyarakat. “Tipis naiknya, sekitar 5-10 persen,” ungkapnya.

 

Dikie menyatakan, umumnya, para pembeli dollar adalah kalangan pebisnis. Penukaran rupiah pada dollar AS sangat mungkin untuk melakukan pembayaran atau pelunasan bisnis.

 

Sedangkan masih normalnya penjualan dollar oleh masyarakat, kemungkinan karena beberapa hal. Menurutnya, para penjual, yang tidak tertutup kemungkinan, beberapa di antaranya adalah spekulan, cenderung menunggu dan melihat perkembangan.

 

Dikie memperkirakan, penjualan Dollar oleh masyarakat berpotensi mengalami peningkatan. Hal itu dapat terjadi apabila rupiah terus melemah dan menembus angka Rp 12.000.

 

Dikie mengemukakan, saat ini, pihaknya melakukan penjualan Dollar AS senilai Rp 11.675. “Sementara untuk pembelian Dollar oleh masyarakat, harganya senilai Rp 11.595,” tandasnya. (ERA)

Komentar

komentar