Home » Bandung Raya » Amankan Pilwalkot, Polrestabes Siapkan 3000 Personel

Amankan Pilwalkot, Polrestabes Siapkan 3000 Personel

poskantor.com

poskantor.com

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Menghadapi Pemilihan Walikota Bandung yang sudah tinggal menghitung hari, Kepolisian Resor Kota Besar Bandung menyiapkan 3072 aparat gabungan untuk mengamankan hajatan tersebut.

Kepala Polrestabes Bandung Komisaris Besar Abdul Rakhman Baso, mengatakan, para personel tersebut disiapkan saat masa pencoblosan, pemungutan suara, hingga pelantikan, yang disinyalir ada pergerakan massa.

“Personel gabungan terdiri dari 1700 jajaran Polrestabes, Polda, TNI, dan instansi lain, seperti petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Satpol PP,” katanya usai Latihan Pra Operasi Praja Pakuan 2013 Polrestabes Bandung, di Lapangan Gasibu Bandung, Senin (6/5).

Ditambahkan Rakhman, bila pihaknya memprioritaskan pengamanan dari aksi unjuk rasa, penganiayaan, penyanderaan, pengrusakan, yang biasa terjadi dalam pilkada.

“Untuk lokasi rawan ada di pusat kota, seperti Gedung Sate, Kantor Walikota, Panitia Pengawas Pemilu, Komisi Pemilihan Umum, dan perwakilan partai politik di Bandung,” terangnya.

Oleh karena itu, dikatakan Rakhman, pihaknya melakukan simulasi pengamanan yang merupakan bagian dari manajemen perencanaan untuk melatih kemampuan anggota Polri dari gesekan atau bentrok. “Kita harap tidak ada hal yang seperti itu, kita tetap antisipasi agar Bandung kondusif,” ujarnya.

Ketua KPU Kota Bandung, Apipudin, mengaku puas dengan persiapan yang dilakukan kepolisian. “Saya melihat Pemilihan Gubernur Jawa Barat berlangsung sukses, sekarang Pilwalkot juga saya harap seperti itu,” imbuhnya. (VIL)

Komentar

komentar