Tuesday , 26 May 2020
Home » Persib Bandung » Yusuf Bachtiar: Persib Jangan Takut!

Yusuf Bachtiar: Persib Jangan Takut!

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Performa Persib Bandung kala bermain tandang yang tidak sebaik di kandang, menjadi perhatian banyak orang, tidak terkecuali mantan playmaker mereka, Yusuf Bachtiar. Menurutnya, tim harus melakukan persiapan yang berbeda saat melakukan pertandingan away.

“Untuk laga home saya lihat sudah tidak ada masalah, persiapan away-nya yang saya lihat tidak ke sana,” ujar Yusuf, saat ditemui di sela acara Hiji Oge Maung di Bikasoga, Sabtu (29/12).

Dirinya menyarankan, khususnya pada para pemain, untuk tidak takut saat bertanding di kandang lawan. Dari komposisi pemain, menurut Yusuf memang sudah tidak ada masalah, karena Persib dihuni pemain-pemain berkelas di Indonesia. Maka, tugas pelatih Djadjang Nurdjaman pun tinggal bagaimana meracik komposisi yang ada. “Saran saya, Persib harus lebih sering main di luar dan jangan takut untuk bermain di luar, karena itu sangat menentukan. Untuk pemain menurut saya tidak ada masalah,” imbuhnya.

Dirinya menuturkan, sebelum tahun 1995, musim dimana Persib menjadi juara liga, Persib selalu juara di turnamen yang diadakan di luar Bandung. “Itu yang buat kita terbiasa main di luar, jadi sudah biasa. Beberapa persen hasil dari luar itu berpengaruh,” terangnya.

Seperti diketahui, Maung Bandung dikenal sebagai tim yang dominan menang apabila pertandingan diselenggarakan di kandangnya. Faktor mental bertanding di kandang lawan selalu menjadi soal. “Jika dibandingkan pada musim dahulu, saat ini keadaan Persib sudah lebih baik. Saat ini, Persib selalu mendapat dukungan dari bobotoh, baik menang atau kalah,” bebernya.

Melihat kondisi sekarang, dirinya masih optimis, kalau Persib dapat meraih hasil yang lebih baik. Bahkan, ia juga masih sering menyaksikan mantan klubnya tersebut bertanding. (AVILA DWIPUTRA)