Yance Pilih Pendamping Kalangan Profesional

  • Whatsapp
Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Irianto MS Syafiuddin.

JABARTODAY.COM – BANDUNG

 

Irianto MS Syafiuddin atau yang akrab disapa Yance akan mendeklarasikan dirinya sebagai calon gubernur Jawa Barat dari Partai Golkar pada 8 November mendatang. Pada saat yang sama, akan diperkenalkan siapa yang mendampingi dirinya pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar pada 2013 mendatang.

 

“Insya Allah, (deklarasi) tanggal 8 (November). Penutupan (pendaftaran cagub) kan tanggal 10 (November), jadi masih bisa kok,” ucap Yance saat ditemui di kantor Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, Jalan Sancang, Bandung, Rabu (24/10).

 

Mengenai calon wakil gubernur yang akan berpasangan dengannya, Yance mengatakan akan menunggu hasil survei internal partainya yang keluar pada 2 November mendatang. Setelah diketahui siapa yang popularitasnya tinggi, baru akan diumumkan berbarengan dengan deklarasi nantinya. “Banyak kok calonnya, kita tunggu aja hasil surveinya,” sambungnya.

 

Yance sendiri akan memilih wakil gubernur yang profesional dan tidak mengandalkan nama besar atau keartisan. Ia sendiri masih enggan menyebutkan siapa calon pendamping dirinya tersebut.

 

“Itu kan wewenang partai, siapapun yang dipilih partai berarti terbaik. Yang penting dia orangnya harus profesional,” tandasnya.

 

Sulit Cari Pasangan dari Parpol Besar

 

Yance menegaskan, pihaknya berusaha berjuang sendirian dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2013 mendatang. Meski tidak menutup pintu koalisi, namun calon yang diajukan akan berasal dari internal partai berlambang pohon beringin tersebut.

 

Menurutnya, tidak mungkin mencari seorang calon wakil gubernur dari partai besar seperti Partai Demokrat atau Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Terutama PDIP, yang perolehan suara di Jabar sangat tinggi. “Demokrat tinggi. Kita (Golkar) nomor tiga, agak susah cari wakil dari mereka,” papar Yance.

 

Pernyataan itu dikeluarkan Yance, setelah timbul kabar, bahwa Golkar akan menggandeng PDIP dalam pemilihan mendatang. Yance dikabarkan akan disandingkan dengan calon kuat PDIP, Rieke Dyah Pitaloka. “Kalau Onengn mau. Tapi ngeliat perolehan PDIP yang besar di Jabar, kayaknya sulit,” katanya.

 

Sebelumnya PDIP juga menepikan berkoalisi dengan partai lainnya dalam persaingan memperebutkan Jabar-1. Yance sendiri tidak mempermasalahkan hal tersebut karena Golkar juga akan mengajukan calon dari internal mereka sendiri. “Tidak masalah. Kita juga akan calonkan dari internal partai kok,” imbuhnya. (AVILA DWIPUTRA)

Berita Terkait