Tuesday , 7 April 2020
Home » Politik » Wow, Atribut Kampanye Pilgub Tembus Miliaran Rupiah

Wow, Atribut Kampanye Pilgub Tembus Miliaran Rupiah

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Gelaran Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2013 selalu membawa berkah bagi masyarakat, terutamanya para produsen sentra kaos di Jalan Suci. Diprediksi, nilai total pesanan atribut kampanye calon gubernur akan mencapai ratusan miliar.

“Karena calon pada Pilgub Jabar  sekarang ada lima pasang, maka kami memprediksi total nilai pemesanan akan mencapai Rp 150 miliar,” ujar Ketua Koperasi Pengrajin Kaos Suci Marnawi, saat ditemui wartawan, Senin (12/11).

Dia menjelaskan, prediksi nilai transaksi tersebut lebih tinggi hingga dua kali lipat dibandingkan dengan realisasi nilai transaksi pada Pilgub Jabar 5 tahun lalu. “Ketika itu, nilai transaksi pemesanan mencapai Rp 70 miliar dari tiga pasang calon,” tambahnya.

Lebih lanjut, dia menuturkan, pemesanan terbesar berada pada produk kaos dengan kontribusi sekitar 60%. Sedangkan, produk atribut kampanye lainnya, spanduk atau baliho sekitar 30% dan lain-lainnya 10%. “Secara kuantiti dan nilai, produk paling banyak dipesan adalah kaos,” lanjutnya.

Menurutnya, pesanan pada kampanye Pilgub Jabar akan lebih besar dibandingkan pesanan Pilgub DKI Jakarta. Ketika itu, nilai pesanan Jokowi mencapai Rp 50 miliar, sedangkan Foke sekitar Rp 70 miliar.Meski pemesanan cukup besar, namun Marnawi berharap para calon membayar tepat waktu agar produksi tidak terganggu.

“Para calon juga diharapkan membayar sisa tunggakan secara profesional dan jangan berlarut seperti yang terjadi pada Pilgub Jabar 2008 yang menunggak hingga 2-3 bulan,” tutupnya. (AVILA DWIPUTRA)