Waspadai Demam Berdarah dan Flu Singapura

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM.:BANDUNG-

Perubahan cuaca yang kini  tidak menentu, sewaktu-waktu sangat panas, tiba-tiba berubah menjadi hujan yang terjadi d Kota Bandung dan sekitarnya harus diwaspadai.  Cuaca yang demikian menurut Kepala Dinas kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanagara memicu tumbuhnya vektor jentik nyamuk pembawa virus demam berdarah dan chikungunya.

Ia meminta warga Kota Bandung harus berhati-hati dan selalu menjaga kebersihan lingkungan.  Ahyani Raksanagara mengatakan genangan air hujan itu merupakan tempat nyaman bagi jentik nyamuk.  Sementara itu nyamuk tersebut bisa berkembang secara cepat hingga menjadi nyamuk dewasa.

“Nyamuk itu biasanya akan menyerang manusia hingga menyebabkan terjangkitnya penyakit demam berdarah atau pun chikungunya,” kata Ahyani.

Ahyani berharap agar warga harus bahu membahu untuk menjaga lingkungan sekitarnya dengan membersihkan selokan, mengubur barang-barang yang biasanya dijadikan sarang nyamuk dan menguras bak mandi secara berkala. “Itu sangat efektif untuk membunuh jentik nyamuk,” katanya.

Selain itu demam berdarah, Ahyani juga meminta warga Kota Bandung untuk mewaspadai flu singapura. Meski belum ada warga Kota Bandung yang terjangkit flu singapura namun harus diwaspadai karena Kota Bandung terbuka dengan adanya penerbangan langsung dari Singapura ke Bandung. [fah]

Berita Terkait