Warga Muhammadiyah Mulai Tarawih Kamis Malam, Jumat Mereka Berpuasa

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM – JAKARTA

Warga Muhammadiyah Kota Palu, Sulawesi Tengah, mulai melaksanakan shalat Tarawih Kamis malam, dan esoknya akan menjalani puasa pertama Ramadhan 1433 Hijriyah. Sekitar dua ratus warga Muhammadiyah memadati Masjid Al Haq sejak pukul 19.30 WITA untuk melaksanakan shalat Isya dan dilanjutkan dengan shalat Tarawih.

Di sekitar Masjid Al Haq yang terletak di Jalan Soeprapto terlihat puluhan mobil dan sepeda motor diparkir di halaman. Pemandangan serupa juga terlihat di masjid yang berada di lingkungan kampus Universitas Muhammadiyah Palu di Jalan Hang Tuah.

Shalat Tawarih di masjid itu dimulai pada pukul 21.00 WITA, dengan diikuti puluhan jamaah. Sementara itu di panti asuhan Nurul Falah Kota Palu, sejumlah penghuni panti juga melaksanakan sholat tarawih yang pertama.

Sebelumnya Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin mengatakan Muhammadiyah telah menetapkan awal puasa pada Jumat, 20 Juli 2012, dan berlaku serentak di seluruh Indonesia.

“Penetapan ini telah kita lakukan jauh-jauh hari sebelumnya, berdasarkan perhitungan Muhammadiyah,” kata Din Syamsuddin usai meresmikan Masjid Al Jihad di Banjarmasin, Kamis.

Menurut dia, berdasarkan pendekatan Muhammadiyah pada Kamis pagi ini sekitar pukul 11.00 WIB telah terjadi ijtimak, yaitu matahari, bulan dan bumi pada garis lurus atau disebut dengan konjungsi.

Konjungsi tersebut telah disepakati oleh hampir semua almanak astronomi, dan Muhammadiyah meyakini sebagai pertanda bulan Syakban akan segera berakhir.

Berita Terkait