Menteri Agama Tetapkan 1 Ramadhan 1433 H Jatuh pada Sabtu 21 Juli 2012

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM – JAKARTA

Sidang Istbat penentuan satu Ramadhan 1433 Hijriyah akhirnya memutuskan bahwa awal Ramadhan tahun ini jatuh pada hari Sabtu 21 Juli 2012. Ketetapan itu diambil setelah sebelumnya mendengar hasil rukyatul hilal dari berbagai penjuru daerah di seluruh Indonesia melalui perwakilan yang dibentuk kementerian agama.

Sidang istbat tersebut dihadiri oleh sejumlah Ormas  Islam, seperti  Nahdlatul Ulama, Al-Wasliyah, Mathlaul Anwar, Sarikat  Islam,  Dewan Masjid Indonesia, Al Irsyad, Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII), Front Pembela Islam  dan beberapa Ormas Islam yang lain.

Dalam sidang Istbat tersebut ormas terbesar kedua setelah NU yakni Muhammadiyah tidak mengikuti sidang Istbat dan menentukan satu Ramadhan jatuh pada 20 Juli 2012.  Beberapa organisasi Islam berpendapat agar pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama agar lebih aktif berusaha menyatukan pandangan yang selama ini berbeda karena perbedaan metode penetapan 1 Ramadhan.

Sidang Istbat yang sebelumnya sudah bisa dipastikan itu dipimpin oleh Menteri Agama RI, Surya Dharma Ali. Rapat ditutup sekitar pukul 8.50 WIB setelah sebelumnya dibaca hasil keputusan sidang Istbat. [far]

 

 

 

 

Berita Terkait