Home » Bandung Raya » Toyota Ingin Bantu Teknologi Smart City Kota Bandung

Toyota Ingin Bantu Teknologi Smart City Kota Bandung

JABARTODAY.COM – BANDUNG Meskipun Kota Bandung dan Kota Toyota memiliki sistem administrasi dan sejarah yang berbeda, tapi kerja sama diyakini dapat terwujud dengan baik.

Penasehat Japan Smart Community Alliance, Masaki Umejima, di Balai Kota Bandung, Jumat (10/2), menjelaskan, terpenting dalam membangun kota bukan sekadar teknologi, tetapi kerja sama dan kolaborasi. Yang terpenting adalah bagaimana menciptakan masyarakat cerdas dengan melibatkan unsur pemerintah, industri, dan masyarakat itu sendiri, kata Masaki.

Selain terkait perawatan lansia, kerja sama juga akan dilakukan dalam bidang smart city. Wakil Kepala Badan Perencanaan Kota Toyota Misamitsu Iwatsuki mengungkap, dirinya tertarik dengan rencana Kota Bandung membangun Bandung Teknopolis. Pengalamannya dalam membangun smart city di Toyota membuatnya ingin membantu mengimplementasikan teknologinya di Bandung.

“Saya memiliki pengalaman dalam membangun smart city. Kami punya teknologinya, dan kami akan sangat senang jika bisa membantu mengimplementasikan teknologi tersebut di Kota Bandung,” ujar Misamitsu.

Kota Toyota juga memiliki teknologi dan sistem manajemen yang baik dalam pengelolaan sampah. Misamitsu menuturkan, pihaknya telah berhasil mengatasi persoalan sampah dengan melibatkan teknologi dan partisipasi anak-anak sekolah. Dengan sebuah sistem manajemen yang baik, Kota Toyota berhasil mengatasi masalah sampah hingga saat ini.

“Saya kira Bandung memiliki persoalan yang mirip. Jadi kita bisa saling berbagi pengetahuan tentang bagaimana menuntaskan masalah sampah dari dan oleh masyarakat,” pungkasnya. (koe)