Telkomsel, Peringkat 13 Operator Terbesar Dunia

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM – JAKARTA

Wireless Intelligence kembali merilis scoreboard yang memeringkat daftar operator terbesar di dunia.   Jika tahun lalu Telkomsel masih menduduki posisi 15 dalam daftar operator dengan jumlah pelanggan terbesar di dunia, kini posisi anak usaha PT Telkom itu naik dua peringkat, bersaing ketat dengan operator asal India, Idea Cellular.

Data ini mengukuhkan Telkomsel menjadi salah satu dari 20 operator dunia dengan koneksi mobile terbanyak pada kuartal 2 tahun 2012 dalam ‘scoreboard’ yang dibuat oleh Wireless Intelligence. Dalam ‘scoreboard’ tersebut, Telkomsel membukukan jumlah pelanggan sebanyak 117,24 juta dengan pertumbuhan koneksi tahun ke tahun sebesar 15% dan mobile revenue sebesar USD1,43 miliar.

Jumlah pelanggan Telkomsel hanya memiliki selisih sedikit dengan Idea Cellular yang mencapai 117,16 juta. Oleh sebab itu Telkomsel masih berada di posisi 13, satu peringkat di atas Idea. Disusul Sistema Group lalu Verizon Wireless yang tahun lalu berada di peringkat 13. Deutsche Telekom, AT&T, Telecom Italia dan BSNL menduduki 4 posisi terakhir dalam daftar.

Dalam keterangannya, Wireless Intelligence menunjukkan bahwa 3 operator China telah mampu menghasilkan pertumbuhan double-digit dalam hal jumlah pelanggan. Tidak heran jika China Mobile, China Unicom dan China Telecom masuk dalam 10 besar ‘scoreboard’.

China Mobile berhasil mempertahankan kedudukannya di peringkat pertama dalam ‘scoreboard’ dengan pertumbuhan yoy sebanyak 11%. Jumlah pelanggannya naik dari 616 juta pada tahun lalu menjadi 683 juta tahun ini. Sedangkan China Unicom, yang tahun lalu menduduki peringkat ke-7 naik satu peringkat tahun ini dengan pertumbuhan yoy 21% dan jumlah pelanggan 219,3 juta. Sedangkan China Telecom naik 2 peringkat dari tahun lalu, menjadi posisi 10 dengan pertumbuhan koneksi yoy 33% dan jumlah pelanggan 144,2 juta.

Secara keseluruhan, jika ketiga operator tersebut digabungkan, pelanggan seluler di China telah melebihi angka 1 miliar pada kuartal ke-2 tahun ini, dengan total 1,047 juta koneksi.(ct/indotelko/fzf)

Berita Terkait