Friday , 22 November 2019
Home » Info Jabar » Tak Izinkan Persib Main di Bandung, Polda Jabar Minta Maaf

Tak Izinkan Persib Main di Bandung, Polda Jabar Minta Maaf

Persib Bandung

JabarToday.com, Bandung — Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) meminta maaf kepada manajemen Persib Bandung dan bobotoh karena tidak bisa mengeluarkan izin untuk tiga laga kandang Persib yang seharusnya digelar di Bandung.

Seharusnya, pertandingan melawan Persib Bandung melawan Arema FC, Persebaya Surabaya, dan Persija Jakarta digelar di Bandung. Namun, laga ketiganya terpaksa digelar di luar Jabar.

Persib akan menjamu Persebaya di Bali. Laga lawan Arema FC ditunda dan kontra Persija harus digelar di luar Bandung.

“Kepada penyelenggara, kami mohon maaf. Pertimbangannya jelas aspek keamanan, tidak lain tidak lebih. Disarankan laga di luar Jabar,” ujar Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, di Mapolrestabes Bandung, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Selasa (15/10/2019).

Ia mengatakan, polisi memiliki pertimbangan berdasarkan perkiraan intelijen terkait kondisi keamanan di Jabar.

“Dengan situasi yang ada, aspek keamanan belum memungkinkan (pertandingan) digelar di Jabar. Mengingat pertimbangan tadi, situasi yang ada kondusif. Namun, kami harapkan tidak memicu (gangguan keamanan) dengan digelarnya pertandingan di Bandung,” ujar Kombes Trunoyudo.

Ia menambahkan lebih teknis soal situasi yang memicu terganggunya keamanan. Pertandingan Persib melawan Arema FC hingga Persija Jakarta, berdasarkan catatan sebelumnya, suporternya kerap bertikai.

“Kami punya evaluasi pertandingan terdahulu, adanya kejadian antara dua kesebelasan yang bertanding pernah berdampak. Ini pertimbangan juga. Kami mengantisipasi saja,” ujar Trunoyudo.

Manajemen Persib Bandung masih berusaha menggelar pertandingan melawan Persija Jakarta, Senin (28/10/2019), di Bandung. Hal tersebut dikatakan Direktur PT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahyono.

Menurut Teddy, sebenarnya Persib Bandung sudah mengajukan bertanding di Stadion Si Jalak Harupat, tapi tidak bisa karena alasan ada pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Bandung.

Baca Juga:  #BandungDaruratSepakbola Trending, Bobotoh Sentil Kapolda, Oded, dan Emil

“Itu ada dari surat (rekomendasi) Polda Jabar, tidak bisa menjamu Persebaya dan Persija di tanggal itu. Kesepakatan dari PT LIB tidak ada lagi schedule yang harus disesuaikan, jadi harus sesuai jadwal,” ujar Teddy dilansir simamaung.com.

Maka, kata Teddy Tjahyono, pihaknya harus mencari alternatif venue. Mereka tetap berusaha untuk bisa bermain di Bandung saat menghadapi Persija.

“Kalau masih tidak bisa (untuk menggelar pertandingan di Bandung), kami cari alternatif yang menguntungkan kami,” kata dia.

“Kalau bisa yang masih di bawah (kewenangan) daerah Polda Jabar, misal di Pakansari Bogor itu di bawah Polda Jabar,” kata dia.

“Jika tidak bisa di Bandung atau di Jawa Barat masih ada opsi lain, yakni menggelar pertandingan di Surabaya. Tapi kami masih berupaya untuk bisa menggelar pertandingan di Stadion SJH,” ujarnya.*