STIE Ekuitas Luncurkan Program Pioneer Mahasiswa Membangun Desa

  • Whatsapp

JABARTODAY – BANDUNG

Di tengah masih besarnya angka urbanisasi dan tenaga kerja wanita (TKW) yang bekerja di mancanegara, STIE Ekuitas meluncurkan program Pioneer Mahasiswa Membangun Desa. Program yang bertujuan memberdayakan potensi ekonomi warga itu dilangsungkan di 71 desa di Jawa Barat. Dalam program ini sebanyak 70 badan usaha milik negara (BUMN) dan dikoordinatori oleh PT Telkom telah menjalin komitmen untuk mendukung kegiatan.

“Untuk tahap awal sebanyak 71 desa di Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Karawang dijadikan lokasi pelaksanaan program Pioneer Mahasiswa Membangun Desa. Keterlibatan BUMN dalam program ini difasilitasi melalui PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan),” kata Ketua STIE Ekuitas, Prof. Dr. Ina Primiana, SE., MT, Kamis (20/9).

Ina mengatakan, mahasiswa yang mengikuti program Pioneer Mahasiswa Membangun Desar  harus berasal dari desa yang menjadi lokasi pelaksanaan program. Dengan begitu, mahasiswa mengetahui persis potensi ekonomi yang bisa digali dari desa itu.

“Jalinan kerjasama dengan BUMN untuk melaksanakan program ini diawali dengan pengajuan profosal pemberdayaan ekonomi yang akan dilaksanakan di desa bersangkutan. Setelah profosal disetujui, langkah-langkah pemberdayaan ekonomi segera dilakukan melalui program-program konkret yang dampaknya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Program yang diselenggarkaan di setiap desa direncanakan berjalan selama tujuh bulan,” ujar Ina.

Ina menambahkan, agar program berjalan mulus, untuk mendampingi mahasiswa juga dilibatkan dosen-dosen di STIE Ekuitas. Untuk setiap 10 desa, didampingi oleh 1 dosen. (DEDE SUHERLAN)

Berita Terkait