Sleman Yogyakarta Diguncang Angin, 381 Rumah Rusak Berat

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM – YOGYAKARTA

Akibat terjangan angin kencang yang melanda wilayah sekitar Desa Selomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis soreĀ  membuat sedikitnya 381 unit rumah mengalami kerusakan serius.

Menurut keterangan Camat Kalasan Samsul Bakri, Kamis malam menuturkan, diperkirakan data kerugian hingga Kamis pukul 21.15, akibat bencana angin kencang tersebut sebanyak 21 rumah mengalami rusak berat, 49 rusak sedang dan 311 rusak ringan, hingga total rumah rusak sebanyak 381 unit.

Samsul menambahkan, selain itu terjangan angin kencang juga mengakibatkan 685 pohon tumbang dan dua kandang peternakan ayam rusak berat dan rusak ringan dua unit.
Sedangkan korban luka satu orang atas nama Muhammad Miftakhul Khoir warga Kuwang yang tercatat sebagai siswa SD Negeri Tunjungsari.

Ia mengatakan, angin kencang yang menerjang bersamaan dengan turunnya hujan tersebut melanda sejumlah dusun di antaranya Dusun Pondok, Senden 2, Ngasem, Gatak, Kledokan Timur dan Tegal Rejo.

“Sedangkan kerusakan pada rumah mayoritas terjadi pada atap seperti genteng beterbangan dan ada beberapa yang rusak akibat tertimpa pohon,” katanya.

Samsul mengatakan, saat ini sejumlah relawan SAR, PMI, TNI dan Polri masih bergotong royong membantu warga membersihkan puing-puing rumah maupun pohon-pohon yang tumbang.

“Warga yang menjadi korban saat ini masih berada di rumah masing-masing, dan segera akan dikirim bantuan logistik untuk pemulihan,” katanya.

Bupati Sleman Sri Purnomo juga langsung turun ke lokasi bencana untuk memberikan pengarahan dan memantau kerusakan akibat terjangan angin kencang tersebut.[alfian/dbs]

Related posts