Sejumlah Taman Kota Bandung Tak Terawat, Ini Kata Legislator

istimewa

JABARTODAY.COM – BANDUNG Sejumlah taman kota di Kota Bandung tidak terawat. Beberapa fasilitas, seperti kursi taman, tempat sampah dan area bermain anak, rusak.

Seperti di Taman Super Hero dan Pet Park, Taman Cibeunying dan beberapa taman lainnya. Besi-besi kursi di area bermain mulai berkarat dan keropos bahkan warnanya sudah memudar. Kondisi itu diperparah dengan rusaknya fasilitas taman bahkan sejumlah sarana pendukung lainnya dipenuhi coretan.

Di Pet Park, suasana lingkungannya sudah ditumbuhi dengan rumput  ilalang dan sekelilingnya sudah tak layak untuk relaksasi hewan.

“Kalau dimasuki anak-anak khawatir menimbulkan gangguan,” kata Sekretaris Komisi A DPRD Kota Bandung Erick Darmajaya, di Gedung DPRD Kota Bandung, Selasa (29/9/2020).

Politisi Partai Solidaritas Indonesia ini mengungkapkan, semestinya setiap hari taman itu dibersihkan. Jika malam, lanjut Erick, taman semestinya diterangi lampu penerangan yang representatif.

Baca Juga

“Fasilitas taman seharusnya lengkap dan dipelihara, yang mulai uzur lakukan perbaikan. Caranya, siapkan fasilitas yang lebih baik,” tegasnya.

Beberapa taman kota di Kota Bandung yang bermasalah, dibenarkan Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan. Padahal sebelumnya taman-taman kota sempat menjadi ikon Kota Bandung.

Diceritakan Tedy, kondisi ruang publik tersebut kini tampak kurang terperhatikan. Terlebih, ditengah masa pandemi Covid-19, taman-taman tidak diperbolehkan untuk dibuka, karena berpotensi menimbulkan kerumunan.

Atas referensi itu, politisi Partai Keadilan Sejahtera ini meminta pemerintah daerah untuk melakukan pemeliharaan terhadap taman-taman di Kota Bandung.

“Ketika pandemi Covid-19 ini berakhir, taman kembali berfungsi sebagai ruang publik,” ungkapnya.

Diakuinya, untuk memelihara taman di Kota Bandung lebih sulit daripada membangunnya. Sehingga dibutuhkan keseriusan dalam melakukan revitalisasi taman-taman tersebut. Taman-taman yang ada didorong untuk dimodifikasi dengan sentuhan lokal.

Seperti diketahui, terang Tedy, anggaran pemeliharaan taman-taman di Kota Bandung, dialokasikan sekitar Rp 20 miliar untuk tahun 2020. Mengingat pandemi Covid-19, maka banyak anggaran yang direfocusing untuk kebutuhan prioritas bagi masyarakat.

“Pemeliharaan dapat dikerjasamakan dengan pihak ketiga, sehingga keberadaan taman menjadi lebih terpelihara dan terawat,” pungkasnya. (*)

Related posts