Sejumlah Bandara Alami Kerugian

dahlan-iskanJABARTODAY.COM – BANDUNG

Kehadiran sarana infrastruktur memiliki peran penting dalam mendukung beragam aktivitas, termasuk roda perekonomian. Tidak heran, apabila pemerintah mencanangkan berbagai program pembangunan infrastruktur di berbagai daerah. Satu diantaranya, bandar udara.

Namun, ternyata, sejak beberapa waktu terakhir, sejumlah bandara di tanah air mengalami kerugian. “Saat ini, setidaknya, ada 7 bandara di Indonesia yang mengalami kerugian. Di antaranya, Padang, Palembang, Pekanbaru, Jambi,” ujar Menteri Negara BUMN, Dahlan Iskan, pada sela-sela Ground Breaking Bandara Husein Sastranegara Bandung, Senin (29/9/2014).

Menurutnya, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya kerugian 7 bandara tersebut. Beberapa faktor penyebabnya adalah depresiasi. Sedangkan secara operasional, sebagian bandara tersebut tidak mengalami kerugian.

Adanya kerugian sejumlah bandara tersebut diamini Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri Sunoko. Tri, sapaan akrabnya, menambahkan, selain depresiasi, penyebab kerugian bandara-bandara itu karena volume penumpang yang masih kurang. “Karenanya, kami terus melakukan berbagai upaya untuk menggenjot dan meningkatkan volume penumpang,” tuturnya.

Berbicara tentang nilai kerugiannya, Tri tidak menjelaskannya secara rinci. Dia beralasan, pihaknya tidak membawa data. Namun, kata dia, perkiraannya, nilai kerugiannya tergolong tinggi.

Mengenai¬† instruksi pemerintah yang meminta PT AP II melakukan pembangunan bandara, Tri menyatakan, pihaknya melakukan sejumlah upaya dan langkah. Diantaranya, ungkap dia, menyiapkan dana investasi yang luar biasa tinggi nilainya. “Secara total, dana investasi yang kami alokasikan untuk pembangunan bandara-bandara di tanah air mencapai Rp 36 triliun. Investasi itu untuk membangun sekitar 10 bandara hingga 2030. Tahun ini, kami berinvestasi Rp 8,8 triliun. Tahun depan, naik menjadi Rp 10 triliun,” pungkasnya. (ADR)

Related posts