Sambangi Pesantren Miftahul Huda, Wagub Sapa Warga Sukarapih

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum berdialog dengan warga di Pesantren Miftahul Huda Desa Sukarapih, Kecamatan Tambelang, Kabupaten Bekasi, Selasa (12/4/2022).

JABARTODAY.COM – BEKASI Melanjutkan Safari Ramadan 1443 H, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyapa warga di Pondok Pesantren Miftahul Huda, Desa Sukarapih, Kecamatan Tambelang, Kabupaten Bekasi, Selasa (12/4/2022).

Wagub merasa sangat senang bisa menyambung tali silaturahim dengan warga dan mendengarkan aspirasi sekaligus berbagi kebijaksanaan hidup sebagai bekal masyarakat.

Read More

Uu menyebut, pada kesempatan Safari Ramadan dia biasanya menyampaikan program- program kerja yang tengah dilakoni Pemerintah Provinsi Jabar. Wagub menyampaikan progres pembangunan yang sedang berlangsung kepada warga.

Lebih dari itu, Uu juga tak jarang menampung aspirasi yang disampaikan warga. Dengan begitu terbangun komunikasi dua arah antara pemerintah dengan warganya.

“Safari Ramadan menjadi ajang silaturahim dengan warga, dengan silaturahim maka akan terbangun komunikasi yang baik hingga adanya hubungan emosional antara pemimpin dengan warganya,” katanya.

Kepada warga, Uu berpesan agar memperhatikan keseimbangan antara pendidikan yang bersifat duniawi dan ukhrowi bagi anak- cucunya. Dia menganjurkan agar ilmu apapun yang tengah dituntut anak cucu, akidah dan ketauhidan wajib ditanamkan ke dalam hati mereka.

“Tanamkan ketauhidan, tanamkan akidah, tentang keesaan Allah SWT, karena ini tanggung jawab kita kepada anak cucu kita,” kata Panglima Santri Jabar.

Selanjutnya, Uu mengingatkan warga Jabar yang ditemuinya untuk pandai bersyukur. Karena dengan takdir dilahirkan di Indonesia setiap warga dapat menjalankan ibadah dan syariat dengan aman dan tentram.

Bahkan hari- hari besar keagamaan kerap diperingati setiap tahunnya, bahkan difasilitasi oleh pemerintah. Hal tersebut belum tentu terjadi di negara lain.

“Jadilah bangsa yang pandai bersyukur, begitu nikmat kita malaksanakan ibadah di negeri tercinta. Oleh karena itu kita sebagai bangsa harus menjalin kebersamaan, pesan saya mari kita jaga persatuan dan kesatuan,” tambah Uu.

Maka itu, Uu mengajak warga untuk mengantisipasi isu atau kabar hoaks yang berpotensi memecah belah bangsa dan mengadu domba. Sebaliknya, semangat persatuan harus digelorakan.

Dalam Islam pun persaudaraan atau _ukhuwah_ harus direkatkan. Selain ukhuwah Islamiyah (persaudaraan umat Islam), ada pula _ukhuwah wathaniyah_ (persaudaraan bangsa), dan ukhuwah basyariyah (persaudaraan umat manusia) yang harus terus dijaga. (*)

Related posts