Ridwan Kamil: Bedakan Kritik dan Cacian

Ridwan Kamil
Ridwan Kamil

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Meski telah mengeluarkan pernyataan akan melaporkan pemilik akun @kemalsept ke polisi terkait penghinaan yang diarahkan kepada dirinya, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengaku belum melaporkan hal tersebut.

Menurutnya, dirinya telah memaafkan, namun tetap harus menjadi pembelajaran bagi yang bersangkutan. Ia sebenarnya enggan memperpanjang masalah tersebut, hanya saja untuk mencegah hal sama terulang, dirinya terpaksa menempuh jalur hukum. “Kritik itu ada tempat dan etikanya. Saya ingin anak muda sekarang yang erat dengan teknologi bisa menyampaikan pesan sambil mempertimbangkan etika,” ujar Ridwan di Pendopo Kota Bandung, Sabtu (6/9/2014).

Dirinya meminta masyarakat untuk membaca kembali cuitan @kemalsept oleh pengguna akun twitter lain. Di dalamnya, terdapat cuitan yang menyerang dirinya tidak hanya Kota Bandung. “Kalau sudah nyerang pribadi, tentu ada kehormatan yang perlu dijaga. Bedakan kritik dan cacian,” ucap Emil, sapaan akrabnya.

Sebelumnya, Kemal menulis sesuatu yang buruk tentang Kota Bandung. Dalam akun pribadinya @kemalsept dirinya menulis “bandung kota banci hehe berani lapor? silahkan BANDUNG G****K KOTA P***K PNS P*****R HEHEHE“. Atas cuitan tersebut, Ridwan Kamil akan melaporkan kepada polisi sebagai tindakan pencemaran nama baik dan penghinaan sebagaimana diatur dalam Pasal 27 ayat (3) UU No 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Eletronik. (VIL)

Related posts