Ramadhan, BI Siapkan Uang Kartal Rp 9 Triliun

  • Whatsapp

 

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VI Jabar-Banten, Dian Ediana Rae.
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VI Jabar-Banten, Dian Ediana Rae.

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Pada hampir setiap momen Ramadan dan Idul Fitri, terjadi peningkatan kebutuhan. Satu di antaranya, kebutuhan uang. Melihat kondisi itu, Kantor Bank Indonesia Perwakilan Wilayah VI Jawa Barat-Banten melakukan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Caranya, menambah jumlah peredaran uang kartal, tidak hanya selama Ramadan, tetapi juga Idup Fitri tahun ini. “Hasil evaluasi tahun lalu, momen Ramadan dan Idul Fitri tahun ini, kami menambah jumlah uang kartal sebanyak 30 persen,” ujar Kepala Kantor BI Perwakilan Wilayah VI Jabar-Banten, Dian Ediana Rae, di Kantor BI Perwakilan Wilayah VI Jabar-Banten, Kamis (12/6/2014).

Dian meneruskan, secara nominal, penambahan uang kartal sebesar 30 persen itu setara dengan Rp 6 triliun. Artinya, jelas Dian, menyambut momen Ramadan dan Idul Fitri 2014, pihaknya menyiapkan uang kartal hingga Rp 9 triliun.

Menurutnya, pada momen Ramadan dan Idul Fitri, permintaan kartal meningkat, utamanya, pecahan baru. Jadi, tegas dia, pihaknya melakukan penambahan tersebut. Tidak itu saja, sambung Dian, pihaknya pun menyiapkan titik-titik penukaran uang.

Diutarakan, upaya lainnya, tidak hanya menyiapkan uang kartal yang lebih banyak, tetapi juga, jajarannya siap mempermudah masyarakat untuk menukarkan uang pecahan baru. Pasalnya, jelas Dian, bank sentral nasional tersebut menjalin kerjasama dengan seluruh lembaga perbankan di Jabar. “Baik yang bersifat konvensional maupun berbasis syariah,” sahut Dian.

Dian menyatakan, adanya kerjasama itu, masyarakat dapat melakukan penukaran uang pada lembaga perbankan terdekat. Masyarakat pun, imbuh dia, dapat melakukan penukaran tersebut pada kantor BI. “Tujuannya, agar tidak ada lagi penjual uang di beberapa ruas jalan,” tutup Dian. (ADR)

Related posts