Wednesday , 20 November 2019
Home » Bandung Raya » Polda Siap Amankan Pelantikan Anggota DPR

Polda Siap Amankan Pelantikan Anggota DPR

Polda_JabarJABARTODAY.COM – BANDUNG

Sebagai wilayah penyangga ibukota, Kepolisian Daerah Jawa Barat siap mengamankan jalannya pelantikan dan pengambilan sumpah anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Pimpinan Daerah periode 2014-2019 yang akan dilaksanakan Rabu (1/10/2014).

Pada hari pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah anggota DPR-RI dan DPD tersebut, Polda Jabar dan jajaran Polres/Polrestabes akan mengadakan simulasi kontijensi.  Dalam simulasi kontijensi tersebut akan dilakukan penyekatan pergerakan/pergeseran massa menuju Jakarta yang akan dilaksanakan serentak dengan prioritas di sembilan wilayah hukum Polda Jabar, yaitu Polres Bogor Kota, Polres Bogor, Polres Cianjur, Polres Sukabumi, Polres Purwakarta, Polres Karawang, Polres Bandung, Polres Cimahi, dan Polrestabes Bandung.

Disampaikan Kepala Bidang Humas Polda Jabar, jumlah personel yang dilibatkan dalam simulasi kontijensi tersebut terdiri dari 1.357 personel dari Polda Jabar dan 15.790 personel dari Polres/Polrestabes jajaran Polda Jabar. Selain personel dari aparat kepolisian, lanjutnya, dalam simulasi kontijensi tersebut, melibatkan juga personel dari TNI, PJR Koorlantas Polri, Badan Kesbangpol Linmas Prov. Jabar, Sat Pol PP Provinsi Jabar, Dishub Provinsi Jabar, PT. Jasa Raharja, PT. Jasa Marga sebagai pengelola jalan tol beserta pengelola rest area di jalan tol Cikampek, Purbaleunyi dan Jagorawi. “Pelaksanaan simulasi situasi kontijensi dilaksanakan apabila terjadi perubahan situasi akibat adanya upaya untuk menggagalkan pelantikan dan  pengucapan sumpah/janji anggota DPR RI, DPD RI,” ujar Martin, Minggu (28/9/2014).

Pengerahan massa, Martin menambahkan, dimungkinkan juga dengan mengangkat isu menolak hasil rapat paripurna DPR-RI yang telah mengesahkan Rancangan Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah serta adanya pemanfaatan situasi oleh kelompok tertentu yang menjadi pemicu terjadinya aksi protes sampai dengan tindakan anarkis. (VIL)