Peziarah Makam Turun 50 Persen

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Di hari pertama Idul Fitri 1433 H, situasi  lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cikutra, tidak nampak kepadatan seperti tahun-tahun sebelumnya. Keadaan itu terlihat berdasarkan pantauan pada Minggu (19/8). Tidak ada penumpukan kendaraan yang parkir dan penziarah yang antri di pintu masuk ke makam.

Kepala TPU Cikutra Bandung Rudi, menyatakan keheranannya akan keadaan ini. Menurutnya, tidak seperti biasanya ketika Lebaran, keadaan TPU kali ini tergolong sepi. “Ya, peziarah yang melakukan nyekar saat Lebaran 2012 menurun,” ucap Rudi yang ditemui di kantornya.

Rudi pun menjelaskan penurunan kunjungan peziarah tahun 2012 menurun sekitar 50 persen dari tahun lalu. “Biasanya saat hari pertama lebaran yang datang ke makam banyak. Data 2011 saja yang datang sekitar 4000 – 5000 orang, untuk sekarang paling hanya 2000 – 2500 orang. Jadi ada penurunan sekitar 50 persen,” ujarnya.

Rudi memperkirakan, puncak kunjungan ke makam antara besok atau lusa. Dan untuk mengantisipasi lonjakan peziarah, pihaknya sudah berkoordinasi dengan kepolisian, dan TNI untuk keamanan.

“Puncak kunjungan diperkirakan H+1 atau H+2, dan untuk antisipasi keamanan kami sudah bekerjasama dengan Polsek Cibeunying Kaler serta pihak Koramil. Disamping petugas keamanan dari pihak kita, ya untuk jaga-jaga dan demi kenyamanan pengunjung,” jelasnya.

Pihaknya juga akan menindak pengemis yang berkeliaran di wilayah TPU. “Karena memang kebanyakan pengemis musiman. Jadi sudah biasa kalau di sini dan apabila nanti mengganggu, akan kita tertibkan. Tapi sejauh ini masih aman,” pungkasnya. (AVILA DWIPUTRA)

Related posts