Penumpang Bus di Cicaheum Merangkak Naik

JABARTODAY.COM – BANDUNG Jelang Natal dan Tahun Baru, Kepala Terminal Cicaheum Kota Bandung, Abdul Haris mengatakan, sebanyak 238 armada bus reguler telah diinventarisir. “Bus ini terdiri dari pelayanan antar kota antar provinsi (AKAP), yaitu 103 armada, dan antar kota dalam provinsi (AKDP) sebanyak 135 armada,” ungkap Abdul Haris, di Terminal Cicaheum Kota Bandung, Kamis (22/12).

Haris menjelaskan, kesiapan Terminal Cicaheum, alokasikan ratusan kendaraan bus guna antisipasi lonjakan pemudik jelang liburan Natal dan Tahun Baru. Kendati demikian, sahutnya, kegiatan tersebut sudah menjadi agenda tahunan pihaknya. “Sebagai pendukung bus bantuan Damri akan dikerahkan, sebanyak 20 armada,” tutur Haris.

Untuk tahap awal persiapan transportasi liburan Natal dan Tahun Baru ini, sambung Haris, pihaknya telah melayangkan surat kepada para pengusaha bus, untuk melengkapi unsur teknis kendaraan bus yang mendukung keselamatan penumpang. “Kita himbau, semua kelayakan kendaraan terpenuhi. Sehingga, pada puncak kegiatan Natal dan Tahun Baru, bisa optimal beroperasi,” tandas Haris.

Terkait arus penumpang di Terminal Cicaheum, Haris mengungkapkan, sudah mulai tampak kenaikan. “Pantauan di lapangan, frekuensi penumpang alami peningkatan 15 persen hingga 20 persen dibanding hari biasa. Ini juga mengingat sudah berakhirnya masa sekolah,” pungkas Haris. (koe)

Related posts