Pengunjukrasa Spontan Terobos Pendopo Cianjur

  • Whatsapp

Aksi Ricuh 1JABARTODAY.COM- CIANJUR- Aksi terobos para pengunjukrasa yang masuk ke pendopo dalam aksi unjukrasa di Kantor Bupati Cianjur, Jalan Siti Jenab, Senin (1/4/2013) dinilai terjadi karena spontanitas.

Kasat Intelkam Polres Cianjur AKP Lanjar Guntoro mengungkapkan, berdasarkan surat pemberitahuan yang ditembuskan ke Polres Cianjur ada pernyataan tidak akan melakukan aksi anarkistis.

“Ada surat pemberitahuannya. Hari ini sesuai kesepakatan, usai berorasi akan dilakukan mediasi. Makanya kita tak menyangka ada aksi menerobos ke pendopo. Itu di luar perkiraan kami,” ujar AKP Lanjar Guntoro di Kompleks Pemkab Cianjur, sesaat setelah kejadian.

Lanjar menandaskan, para pengunjukrasa sebelumnya sudah diarahkan agar tidak melakukan aksi anarkistis. Artinya, ketika pendemo sudah menyampaikan aspirasinya, nanti akan dimediasi dengan sejumlah OPD (organisasi perangkat daerah, red) yang dikritisi para pendemo.

“Perwakilan dari OPD juga sudah ada, siap melakukan mediasi. Tapi ya itu tadi, aksi menerobos masuk ke pendopo itu di luar perkiraan kami,” tukasnya.

Kasubbag Bina Operasi Polres Cianjur AKP Ajat Sudrajat mengkalaim, untuk mengawal aksi unjukrasa dikerahkan sebanyak hampir 120 orang personel. Dari awal, kata Ajat, para pengunjukrasa sudah diarahkan agar tak berbuat anarkistis. “Karena ada tindakan anarkistis, terpaksa kami amankan beberapa orang yang dianggap sebagai provokator,” tegas Ajat.

Sementara itu, melihat rekan-rekannya diamankan polisi, pengunjukrasa lainnya memilih membubarkan diri dengan tertib. (Rommy Roosyana)

Related posts