Home » Headline » Bentrok Lampung, Pemda Bertanggung Jawab

Bentrok Lampung, Pemda Bertanggung Jawab

JABARTODAY.COM – JAKARTA

Ketua Fraksi Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf mengatakan bentrok antar warga di Kampung Bogor, Desa Sidoreno, Way Panji, Kalianda, Lampung Selatan, seharusnya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah setempat, mulai dari gubernur, bupati.

“Seharusnya konflik yang terjadi di Lampung itu jadi tanggung jawab Pemda untuk menyelesai karena otonomi daerah untuk sejahterakan rakyat. Jadi jangan disalahkan pemerintah pusat. Gubernur, bupati, walikota harus turun dan bertanggung jawab,” kata Nurhayati seperti dikutip antaranews.com.

Atas bentrokan itu, dirinya merasa prihatin karena kejadian itu terjadi pasca memperingatan Sumpah Pemuda dan Idul Adha

“Saya sangat prihatin dengan peristiwa yang terjadi di Lampung. Padahal baru saja kita memperingati Sumpah Pemuda, Idul Adha,” kata Nurhayati.

“Kok sampai menelan banyak korban, kejadian ini harus menjadi tanggung jawab kita semua untuk diselesaikan. Semua pihak, tokoh masyarakat, ulama, semuanya. Tokoh masyarakat harus bisa memediasi konflik,” katanya.

Ia juga meminta Kepolisian menangkap pelaku atau biang keladi dari bentrokan tersebut. “Ini tugas polisi untuk mencari tahu siapa dalang kerusuhan di Lampung.Polisi harus tangkap pelakunya,” sambungnya.

Fraksi PD, katanya, sudah meminta anggota DPR RI dari FPD dari daerah pemilihan Lampung untuk melihat secara langsung dan membantu menyelesaikan masalah tersebut.

“Saya sudah minta anggota FPD dari Lampung untuk melihat, membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. Sebab anggota DPR dipilih oleh rakyat setempat, maka sudah seharusnya ikut membantu. Nanti Fraksi PD akan tagih dan tanyakan,” pungkas Nurhayati. (RIE)