Friday , 6 December 2019
Home » Regional » Pejabat Sumedang Serahkan SPT Pajak, Don Absen

Pejabat Sumedang Serahkan SPT Pajak, Don Absen

Pemerintah Kabupaten Sumedang

JABARTODAY.COM – JATINANGOR

 

Sejumlah pejabat Kabupaten Sumedang, yakni Sekretaris Daerah, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumedang, Kasat Brimob Polda Jabar, Ketua Pengadilan Negeri Sumedang, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Sumedang, serta seluruh pimpinan instansi di kabupaten tersebut, secara bersama-sama melaksanakan salah satu kewajiban perpajakan, yakni menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Penghasilan Orang Pribadi Tahun 2012 ke Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sumedang di Hotel Khatulistiwa, Rabu (13/3).

 

Bupati Don Murdono sendiri tidak hadir dalam kesempatan itu. Termasuk Wakil Bupati Taufiq Gunawansyah. Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Zaenal Alimin berharap agar seluruh pejabat Pemkab Sumedang menaati peraturan perpajakan yang berlaku dan memberikan panutan kepada seluruh masyarakat, agar dapat melaksanakan kewajiban pajaknya dengan baik dan benar.

 

Kepala KPPP Sumedang Dessy Eka Putri menambahkan, SPT tahunan merupakan sarana bagi wajib pajak untuk melaporkan penghitungan pajak, obyek pajak, bukan obyek pajak, serta harta dan kewajibannya untuk satu tahun pajak.

 

Kepatuhan Wajib Pajak di Sumedang dalam menyampaikan SPT tahunan secara umum untuk tahun 2012 sudah melebihi target sebesar 67,5 persen, untuk itu Dessy mengucapkan terima kasih kepada WP yang telah melaporkan SPT. “Untuk yang belum menyampaikan SPT diharapkan segera menyampaikan SPT sebelum KPP Pratama Sumedang menerbitkan teguran, surat tagihan pajak, bahkan pemeriksaan dan penyidikan,” ujar Dessy.

 

Kewajiban menyampaikan SPT Tahunan ini juga diatur dalam UU No. 6/1983, tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan sebagaimana diubah dengan UU No. 16/2009.

 

Target penerimaan pajak secara nasional tahun 2013 mencapai Rp 1.042 triliun dan KPPP Sumedang ditargetkan dapat mengumpulkan penerimaan pajak sebesar hampir Rp 340 miliar (tidak termasuk target penerimaan PBB) atau naik 42% dari realisasi penerimaan pajak tahun 2012. Walau dirasa berat, namun Dessy optimis target penerimaan pajak tahun 2012 dapat terealisasikan dengan sinergi yang baik.

 

Di kesempatan tersebut, ia meminta masyarakat membantu Direktorat Jenderal Pajak, khususnya KPPP Sumedang, agar dapat berkinerja lebih optimal dalam mengemban tugasnya. “Memenuhi target penerimaan pajak dengan memegang teguh nilai-nilai Kementerian Keuangan, yaitu integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan, dan kesempurnaan,” tandasnya. (VIL)