NasDem Dorong Vaksin Booster Gratis untuk Masyarakat

Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustopa (ketiga dari kiri) bersama Ketua DPD Partai NasDem Kota Bandung Rendiana Awangga (pertama dari kiri) saat meninjau pelaksanaan vaksinasi booster di Sekretariat DPD Partai NasDem Kota Bandung, Selasa (25/1/2022). (jabartoday/eddykoesman)

JABARTODAY.COM – BANDUNG Anggota DPR RI, Saan Mustopa, memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan kegiatan vaksin booster Covid-19 gratis yang dilaksanakan oleh DPD Partai Nasional Demokrat Kota Bandung.

“Saya memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan program vaksin booster COVID-19 gratis,” kata Saan, dalam keterangannya kepada wartawan, di Sekretariat DPD NasDem Kota Bandung, Selasa (25/1/2022).

Read More

Kegiatan vaksinasi booster gratis tersebut ditargetkan bisa mencakup seluruh daerah pemilihan di Bandung. Pada hari ini baru dilaksanakan di dua lokasi. Poin pentingnya, kata Saan, melindungi keselamatan masyarakat ditengah pandemi yang belum diketahui kapan berakhirnya.

“Memang yang harus harus menjamin melindungi keselamatan masyarakat adalah pemerintah. Tetapi peran serta masyarakat dalam berikan vaksin booster gratis, terutama rakyat kecil, juga diperlukan,” katanya.

Saan yang juga Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat, menyatakan, bakal terus mendorong DPD-DPD Partai NasDem di seluruh wilayah Jawa Barat untuk menyelenggarakan kegiatan serupa. Hal ini agar herd immunity atau kekebalan kelompok segera terbentuk, dan mengakhiri pandemi yang berlangsung hampir dua tahun.

“Target kita sebanyak-banyaknya. Terlebih dengan merebaknya varian omicron ini, masyarakat yang mobilitasnya tinggi penting untuk diberikan vaksin booster atau dosis ketiga agar mereka terlindungi,” papar Wakil Ketua Komisi II DPR RI.

Ditempat sama, Ketua DPD NasDem Kota Bandung Rendiana Awangga mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan opsi lain dalam pelaksanaan vaksin booster gratis yang

disesuaikan dengan kemampuan.

“Namun, prinsip pemberian vaksin booster gratis adalah saat ini menjadi kebutuhan dasar rakyat yang merupakan tanggung jawab bersama,” kata Ketua Fraksi NasDem DPRD Kota Bandung ini.

Program vaksin booster gratis ini diprioritaskan menyasar kelompok lansia dan masyarakat rentan walaupun juga terbuka untuk masyarakat umum.

“Kita pastikan seluruh masyarakat masuk dalam daftar penerima vaksinasi, baik itu lansia maupun golongan umum. Dengan demikian, masyarakat dari kelompok tersebut betul-betul mendapat pelayanan vaksinasi booster tanpa perlu mengkhawatirkan biayanya,” imbuh dia.

Awang menekankan pentingnya vaksin booster, apalagi kasus Omicron sudah makin banyak. Untuk itu, dia menggarisbawahi saat ini baru ada dua titik, nanti akan diadakan di enam titik.

“Kedepannya kita akan selenggarakan di seluruh wilayah Kota Bandung,” ucapnya.

Dijelaskan Awang, pihaknya membuka pendaftaran vaksinasi booster ini tiap hari. Ada dua jenis vaksin yang bakal diberikan kepada masyarakat pada penyuntikan dosis ketiga ini, yaitu Pfizer dan Moderna. Awang pun meminta warga tak perlu khawatir akan kehabisan vaksin, lantaran suplai bagi pihaknya tercukupi, terlebih untuk tenaga medis kita mendapat supervisi selain dari dokter umum, juga dari dokter kandungan dan spesialis anak, untuk melakukan skrining.

“Kita selalu memperhatikan ketersediaan vaksin booster. Meski demikian, perlu juga adanya terobosan agar tidak bergantung pada pihak lain untuk mendapatkan vaksin,” kata anggota Komisi D DPRD Kota Bandung tersebut. (*)

Related posts