MVNO Diyakini akan Akselerasi 4G

  • Whatsapp

JABARTODAY.COMJAKARTA

Atas dasar efisiensi investasi, model bisnis Mobile Virtual Network Operator (MVNO) diyakini mampu mempercepat pengembangan jaringan 4G di Indonesia. MVNO adalah sebuah layanan bergerak yang menyewa atau memakai spektrum frekuensi milik Mobile Network Operator (MNO) melalui suatu perjanjian kerjasama bisnis.

MVNO dalam hal ini dapat hanya berperan sebagai reseller dari MNO atau bisa membangun infrastrukturnya sendiri yang dibutuhkan sesuai dengan teknologi dan izin spektrum frekuensi yang dimiliki oleh MNO.

“Jika bicara MVNO untuk mengembangkan jaringan, saya rasa itu bisa diadopsi. Tetapi jika MVNO hanya untuk  menambah pemain menjual jasa, itu justru akan merusak industri. Bisa jadi kembali ke masa perang tarif dan berguguran para pemain,” ungkap Presiden Direktur XL Axiata Hasnul Suhaimi dalam diskusi awal tahun 4G: New Tech, New Services, New Needs  di Jakarta, Kamis (14/3).

Hasnul mengungkapkan, pola MVNO layak dicoba untuk mengembangkan teknologi 4G yang masih baru di Indonesia. “Mungkin bisa dicoba dengan menerapkan di tiap-tiap pulau ada satu pemain atau konsorsium  MNO mengelola 4G, setelah itu operator menyewa bandwidth ke MNO itu. Nanti tinggal hitung-hitungan tanggung jawab masing-masing layaknya menghitung interkoneksi,” ujarnya. (FZF/JakartaToday.co)

Berita Terkait