Monday , 18 November 2019
Home » Bandung Raya » Musim Hujan, Wilayah Bandung Barat Rawan Longsor

Musim Hujan, Wilayah Bandung Barat Rawan Longsor

longsor bandung barat

JABARTODAY.COM, BANDUNG — Sejumlah kecamatan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) rawan bencana longsor dan pergerakan tanah saat musim hujan. Warga diimbau waspada.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB merilis setidanya ada lima kecamatan yang rawan bencana akibat hujan, yaitu Kecamatan Cililin, Sindangkerta, Cipongkor, Lembang, dan Parongpong.

Sebelumnya, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi pada Oktober ini sudah memasuki masa pancaroba, sedangkan musim hujan diprediksi terjadi pada November.

Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan, BPBD KBB, Agus Rudianto, mengatakan, kelima kecamatan tersebut memiliki potensi longsor yang tinggi, namun tak menutup kemungkinan longsor juga terjadi di 11 kecamatan lainnya.

“Karena jika melihat kondisi geografisnya (dataran tinggi) dan banyak tebing, semua wilayah KBB ini memang rawan longsor ketika musim hujan, kecuali wilayah Batujajar yang relatif landai,” ujar Agus, Minggu (20/10/2019).

Merujuk pada kerawanan longsor saat musim hujan tahun 2018, sebanyak 16 kecamatan di KBB menjadi prioritas pengawasan bencana musim hujan.

“Karena jika melihat kondisi geografisnya (dataran tinggi) dan banyak tebing, semua wilayah KBB ini memang rawan longsor ketika musim hujan, kecuali wilayah Batujajar yang relatif landay,” ujarnya.

“Sebetulnya, baik semua daerah selatan maupun utara di KBB itu semunya memang rawan longsor, jadi harus diantisipasi,” ucapnya.

Selama musim hujan nanti, pihaknya akan membuat posko siga bencana longsor, pergerakan tanah dan banjir di semua wilayah yang dinilai rawan terjadi bencana tersebut.*

 

Baca Juga:  Musim Hujan, Jawa Barat Potensial Dilanda Bencana Hidrometeorologi