Menyingkap Layanan Jasa Cuci Pakaian ala Laundry

  • Whatsapp

JABARTODAY – SUMEDANG

Di tengah kesibukan menyelesaikan kuliah, bagi mahasiswa yang berasal dari kalangan ekonomi menengah ke atas, tak ingin direbeti dengan urusan remeh-temeh seperti mencuci pakaian. Pada kondisi inilah, layanan loundry mendapat posisi. Tinggal menyerahkan pakaian yang hendak dicuci dan bayar jasa, urusan sudah selesai.

Karyawan layanan loundry CWC Clear Wash, di Jalan Raya Jatinangor, Nia Kurnia (18), saat merapikan administrasi konsumen perusahaan itu, Minggu (12/8) pekan lalu..

Minggu (12/8) pagi pekan lalu,  mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unpad, Ira Rachmayanti (20), terlihat membawa kantong plastik besar ke jasa layanan loundry, CWC Clear Wash, di Jalan Raya Jatinangor, tepat di depan Kantor Kecamatan Jatinangor. Tentu saja yang dibawa oleh mahasiwa asal Jakarta ini, bukan makanan atau buku-buku. Dia menenteng pakaian kotor yang hendak dicuci.

Kedatangan mahasiswa berkulit putih dan berwajah mirip wanita Asia Timur itu, langsung disambut oleh karyawan CWC Clear Wash, Nia Kurnia (18). Setelah ngobrol sebentar, dengan cekatan karyawan yang baru bekerja dua bulan di perusahaan itu, menyimpan pakaian kotor milik Ira di tempat yang telah disediakan.

Sebelum Ira balik kanan kembali ke kosan tempatnya tinggal, dia sempat berbicara sejenak dengan JABARTODAY.COM. Menurut Ira, sejak datang ke Jatinangor dua tahun lalu, dia terbiasa mencuci pakaian di loundry.

“Lebih praktis Kang. Saya tak perlu capai-capai nyuci. Mendingan begini, saya bisa konsentrasi kuliah tanpa direbeti urusan di luar itu. Harganya juga murah,” kata Ira.

Memang bagi Ira yang berorangtuakan pegawai salah satu badan usaha milik negara (BUMN) di Jakarta, anggaran untuk membayar jasa loundry tak akan mengganggu uang kiriman perbulan yang dia dapat dari orangtuanya. Maklum, dia mendapat transfer uang sedikitnya sebesar Rp. 1 juta perbulan.

Berdasarkan daftar harga yang diperoleh di layanan jasa loundry itu, didapat data harga sebagai berikut. Untuk harga jasa cuci pakaian perkilogram ditetapkan sebesar Rp. 4.900,-. Penetapan harga itu selanjutnya bisa disesuaikan dengan lamanya masa penyerahan cucian kepada konsumen. Untuk cucian yang selesai dalam waktu selama lima jam dipatok dengan harga Rp. 11.800 perkilogram. Lalu, untuk cucian yang selesai dalam waktu 10 jam, konsumen harus membayar Rp. 8.900 per kilogram.

“Kita memberikan layanan fleksibel saja, sesuai dengan keinginan konsumen. Jika konsumen menginginkan harga standar, ya harganya Rp. 4.900,- per kilogram. Jika ingin lebih cepat, harga yang dikeluarkan pun harus lebih besar lagi,” kata karyawan CWC Clear Wash, Nia Kurnia.

Nia menyebutkan, CWC Clear Wash yang berlokasi di Jalan Raya Jatinangor merupakan salah satu cabang dari perusahaan yang berpusat di Ciawi itu. Loundry itu juga membuka layanan jasa cucian di Warung Kalde dan Ciseke.

“Untuk pengerjaan pencucian melibatkan tiga pekerja mesin, empat tukang setrika, dua pekerja manual. Untuk pencucian yang berasal dari konsumen di Jalan Raya Jatinangor, depan kantor kecamatan, jumlah cucian rata-rata mencapai sebanyak 60 kilogram perhari. Jika disatukan dengan tiga layanan loundri lainnya bisa mencapai 200 kilogram perhari,” ujar Nia seraya menyunggingkan senyum. (DEDE SUHERLAN)

Related posts