Menag Bantah akan Ambil Alih Penyelenggaraan Umrah

Menteri Agama, Lukman Hakim Syaifuddin (ant)
Menteri Agama, Lukman Hakim Syaifuddin (ant)

JABARTODAY.COM-JAKARTA. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membantah akan mengambil alih penyelenggaraan ibadah umrah. Menag mengaku kementeriannya memang akan membentuk  direktorat khusus yang mengurus penyelenggaraan Umrah, namun tidak dimaksudkan akan langsung menyelenggarakan umrah.

“Tidak benar berita yang mengatakan bahwa Pemerintah akan mengambil alih penyelenggaraan ibadah umrah. Itu sama sekali tidak benar,” tegas Menag,  Senin (14/12).

Menurut Menag, informasi yang benar, Pemerintah sedang memperbaiki sistem dan manajemen penyelenggaraan ibadah umrah. Selain itu, Pemerintah juga sedang  membangun regulasi dan sistem pengawasan sehingga siapa pun yang menyelenggarakan umrah, maka  itu dilakukan secara akuntabel dan transparansi.

“Ujungnya, masyarakat tidak dirugikan dari penyelenggara umrah ini,” ujarnya.

Menag meyakinkan, bahwa masyarakat adalah pihak yang paling diuntungkan dengan adanya perbaikan kualitas penyelenggaraan umrah. Sebab,  masyarakat tidak akan dirugikan oleh sejumlah Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) yang nakal yang kemudian menipu calon jamaah umrah.

“Jadi sekali lagi pemerintah tidak sedang ingin mengambil alih, tapi yang sedang dilakukan adalah membangun sistem penyelenggara ibadah umrah,” tegas Menag. (rep/sep)

Related posts