Matahari Tepat di Atas Makkah Pada 28 Mei, Bisa untuk Rujukan Arah Kiblat

  • Whatsapp
lapan.go.id
lapan.go.id

JABARTODAY.COM – JAKARTA. Pada pukul 16.18 WIB, 28 Mei 2015 mendatang, matahari akan tepat berada di atas Makkah, Arab Saudi. Fenomena ini dapat digunakan sebagai rujukan arah kiblat bagi masjid-masjid di Indonesia.

“Saat kejadian itu, seolah-olah matahari itu adalah menara tinggi yang bisa dilihat dari penjuru dunia. Sehingga ini bisa digunakan sebagai rujukan arah kiblat,” kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, kepada detikcom, Rabu (6/5/2015).

Thomas mengatakan, peristiwa ini akan terjadi dua kali dalam satu tahun. Peristiwa ini akan terulang lagi pada 16 Juli mendatang. Matahari berada di atas Makkah ini mulai terjadi pada 26-30 Mei pada sekitar pukul 16.18 WIB.

“Ada plus minus dua hari sebelum dan sesudah tanggal 28 Mei, sehingga peristiwa tepat berada di atas Makkah ini terjadi mulai 26 Mei hingga 30 Mei. Lalu waktunya plus minus lima menit dari pukul 16.18 WIB,” katanya.

Thomas mengatakan, pencocokan arah kiblat melalui fenomena ini bisa dilakukan di Indonesia bagian barat dan bagian tengah saja. “Sedangkan kalau Indonesia bagian timur sudah terbenam mataharinya,” katanya. (lapan.go.id)

Related posts