Magang di Jepang Sesuai Program Naker Jabar

jabartoday.com/web
jabartoday.com/net

JABARTODAY.COM – BANDUNG
Ternyata, sumber daya manusia (SDM) Jabar memiliki daya tarik besar bagi sektor industri Jepang. Pasalnya, negara Matahari Terbit itu membidik para tenaga kerja asal Indonesia, termasuk Jabar, berusia produktif, yaitu 18-30 tahun, untuk mereka pekerjakan secara magang pada sejumlah industri.

Berkomentar tentang keinginan Jepang merekrut para tenaga kerja magang tersebut, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (KUMKM) Jabar, Anton Gustoni, menilainya sebagai hal yang positif bagi Jabar. “Ini sesuai dengan program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar, yaitu membuka 2 juta lapangan pekerjaan,” tandas Anton dalam Technichal Intern Trainning di Balai Pelatihan Koperasi Jabar, Jalan Soekarnohatta Bandung, Selasa (20/1).

Untuk itu, jelas dia, pihaknya menjalin kerjasama dengan Sento Cooperative, sebuah lembaga koperasi asal Jepang. Bentuk kerjasamanya, ungkap Anton, dalam hal pelatihan dan penempatan kerja yang bersifat magang di Jepang. “Tahun lalu, kami berkunjung ke Jepang untuk membicarakan kemungkinan kerjasama itu. Tahun ini, mereka (Sento Cooperative) berkunjung ke Jabar. Kunjungan itu merupakan jawaban atas rencana kami saat berkunjung ke Jepang pada 2014,” papar Anton.

Menurutnya, pihak Jepang pun berencana untuk berinvestasi di Jabar. Investasi tersebut, tukasnya, tidak dalam bentuk cash money, tetapi lebih pada sistem pengembangan SDM. “Misalnya, program-program pemagangan dan pelatihan sehingga SDM-SDM kita memiliki kemampuan dan daya saing yang lebih tinggi lagi,” tutup Anton. (ADR)

Related posts