Sunday , 29 March 2020
Home » Ekonomi » Mafest 2013 Gelar Produk Tekstil

Mafest 2013 Gelar Produk Tekstil

aJABARTODAY.COM – SOREANG
Festival yang memamerkan berbagai kegiatan industri tekstil dan produk tekstil, akan digelar di Kota Majalaya Kabupaten Bandung, April mendatang. Kegiatan dengan labe “Majalaya Festival 2013-MAFEST” tersebut diselenggarakan dalam rangka mengisi kegiatan peringatan Hari Jadi ke-372 Kabupaten Bandung.
Kepala Badan Perpustakaan, Arsip dan Pemberdayaan Sistem Informasi (BAPAPSI) Kab. Bandung Diar Irwana, SH menyebutkan, selain tekstil dan produk tekstil dalam festival tersebut akan digelar pula berbagai produk keperluan masyarakat yang melibatkan pengusaha kecil, menengah, BUMN/ BUMD serta penampilan panggung hiburan dan mainan anak.
“Khusus bagi instansi pemerintah, penampilan dalam kegiatan itu sekarang tidak lagi dalam bentuk data angka, namun lebih mengedepankan produk yang dihasilkan oleh instansi tersebut” kata Diar Irwana.
Ia mencontohkan, Dinas Pendidikan kini bisa menampilkan karya siswa SMU atau SMK dalam bidang Teknologi Tepat Guna (TTG) untuk menunjang kegiatan masyarakat desa. Selain itu, instansi pemerintah bisa menyelenggarakan pula kegiatan pelayanan langsung kepada masyarakat yang dikemas dalam bentuk
“Pelayanan Sabilulungan”. Mulai dari pelayanan pembuatan Kartu Kuning untuk para pencari kerja, pelayanan kesehatan, perpanjangan SIM & STNK maupun perijinan usaha.
Diar Irwana mengakui, materi utama yang akan ditampilkan pada Majalaya Festival 2013, berupa industri tekstil dan produk tekstil. Karena menurutnya, kegiatan ini dilatarbelakangi oleh keinginan untuk menelusuri kejayaan tekstil dan produk tekstil Kabupaten Bandung yang awalnya muncul di Kota Majalaya ini.
Ia mengisahkan, sekitar tahun 1960 s/d 1970-an, tekstil Majalaya mampu merajai pasaran Eropa hingga Arab Saudi. Sehingga tidak heran, pada saat itu muncul sejumlah Taipan atau juragan tekstil pribumi asal Majalaya yang mampu memiliki kendaraan roda empat sejenis Impala atau Mercedes Benz. “Kala itu, jika ada orang yang mengendarai Impala di Kota Bandung, bisa dipastikan ia juragan tekstil Majalaya” kata Diar Irwana.
Selain sebagai ajang promosi, Majalaya Festival 2013 akan dijadikan arena transaksi antara penjual dan pembeli. Baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Untuk menjaring para pembeli luar negeri, pihaknya akan berkoordinasi dengan sejumlah konsulat perdagangan luar negeri yang ada di Jakarta.
“Dengan upaya ini diharapkan, para buyer luar negeri bisa datang ke Kota Majalaya untuk menjajagi berbagai peluang usaha tekstil” harapnya. Untuk itu, ia mengharapkan kepada warga Kota Majalaya dan sekitarnya, untuk selalu menjaga kebersihan, keamanan, ketertiban dan keindahan kota.
Majalaya Festival 2013 menurut rencana akan dilangsungkan tanggal 26 April s/d 5 Mei 2013 mendatang yang dipusatkan di jalan Baru Desa Majasetra Kecamatan Majalaya. (RUZ)