Lantik Pamong Praja Muda, Wapres: Alumni IPDN Harus Jadi Pejuang dan Pemikir

  • Whatsapp
Wakil Presiden Ma’ruf Amin melantik pamong praja muda IPDN di Istana Wapres, Selasa (3/8/2021). (istimewa)

JABARTODAY.COM – JAKARTA Wakil Presiden Ma’ruf Amin melantik 6 perwakilan praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri menjadi pamong praja muda IPDN Angkatan XXVIII di Istana Wapres, Jakarta, Selasa (3/8/2021).

Keenam orang tersebut mewakili 1.523 praja yang hadir secara virtual dari Lapangan Parade Abdi Praja Kampus IPDN, Jatinangor, Sumedang. Sehingga total praja yang dilantik menjadi pamong praja muda IPDN Angkatan XXVIII sebanyak 1.529 orang yang terdiri atas lulusan program S1 sebanyak 148 orang dan D4 sebanyak 1.381 orang.

Keenam perwakilan calon pamong praja muda yang dilantik di Istana Wapres, yakni wisudawan terbaik program sarjana ilmu pemerintahan, Tiara Anindya Shinta S.IP dan wisudawan terbaik program sarjana terapan ilmu pemerintahan Valentino Mahendra Wicaksono, S.Tr.IP. Keduanya pun berhak menerima penghargaan Kartika Pradnya Utama dan Kartika Asta Brata.

Kedua orang tersebut ditemani oleh  empat pamong praja perwakilan agama, yakni Muhammad Daffa Madyatama S.Tr.IP, Ring Ling Yhonitali Lantakai, S.IP, Mellania Anna Loveny, S.Tr.IP, dan Kadek Prima Parhesia, S.IP.

Dalam kesempatan itu, Wakil Presiden mengatakan, bahwa pamong praja muda IPDN harus dapat menjadi suri teladan bagi masyarakat. Para pamong praja pun harus dapat mengabdi dengan penuh dedikasi dan memiliki jiwa moralitas yang tinggi.

Baca Juga

”Kalian harus mampu berpikir secara komprehensif dan visioner, bekerja keras dan tuntas, jadilah pejuang dan pemikir, serta yang terpenting kalian harus mampu melayani, mengayomi dan melindungi seluruh masyarakat tanpa terkecuali,” ucapnya.

Ma’ruf berharap para alumni IPDN dapat mewujudkan integritas yang tinggi, mengedepankan kejujuran, moralitas dan etika birokrasi, inovatif, serta dapat melaksanakan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan tugas, khususnya percepatan dalam pelayanan masyarakat, cepat beradaptasi, memiliki kreativitas serta produktivitas kerja yang tinggi.

“Para pamong praja muda IPDN harus terus meningkatkan kemampuan dan mengembangkan kapasitas diri karena tantangan dan tuntutan di era global ini sangat berat, terlebih di era upaya pemulihan ekonomi dalam masa pandemi Covid-19,” ujarnya.

Sebelum dilantik oleh Wapres, seluruh pamong praja muda ini sebelumnya telah melalui prosesi wisuda yang dilaksanakan secara terbatas dan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat di IPDN Kampus Jatinangor dan Cilandak, Sabtu (31/7/2021).

“Kami akan terus berkomitmen mendidik calon-calon aparatur sipil negara yang berkualitas, berkompeten dan berintegritas  sesuai dengan Rencana Strategis IPDN 2020-2024, yakni menjadikan IPDN yang unggul, profesional, berintegritas, dan berdaya saing,” tegas Rektor IPDN Dr. Hadi Prabowo, M.M. (*)

Berita Terkait