Saturday , 23 November 2019
Home » Bandung Raya » Kwarcab Bandung Kini Punya Pusdiklat Pramuka

Kwarcab Bandung Kini Punya Pusdiklat Pramuka

Ketua Mabicab Bandung Dadang M Naser menyematkan tanda penghargaan kepada seorang Pramuka Penggalang, Rabu (26/9). (HUMAS KAB. BANDUNG)

JABARTODAY.COM – SOREANG

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) Kabupaten Bandung secara resmi memiliki Pusat Pendidikan dan Latihan Cabang (Pusdilatcab). Peresmian Pusdiklat Pramuka tersebut diresmikan bertepatan dengan peringatan Hari Pramuka ke-51 tingkat Kabupaten Bandung di Lapangan Upakarti, Soreang, Rabu (26/9).

“Saya sangat menyambut baik dengan berdirinya institusi ini. Untuk mencetak kader kepramukaan yang tangguh memerlukan pendidikan dan pelatihan yang terarah dan terencana,” kata Bupati Bandung Dadang M Naser sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Bandung.

Selain dibentuk Pusdiklatcab, Gerakan Pramuka Kabupaten Bandung membentuk pula Pusat Penelitian dan Pengembangan Tingkat Cabang (Puslitbangcab) yang bertugas melakukan penelitian dan pengembangan, termasuk di dalamnya melakukan evaluasi kepramukaan di tingkat Kwarcab. “Dengan hadirnya kedua lembaga ini, saya berharap akan muncul kader Pramuka yang lebih baik dengan program yang lebih jelas dan terarah,” tambah Dadang.

Dadang berharap Gerakan Pramuka mampu memerankan posisi strategisnya untuk kemaslahatan masyarakat. Bahkan menurutnya, Pramuka harus memiliki arti bagi generasi muda dan masyarakat sekitarnya. “Jadikanlah pramuka sebagai solusi atas berbagai masalah yang dihadapi oleh para pelajar, sekolah, masyarakat, dan lingkungan kita,” harapnya pula.

Pada bagian lain, Dadang menegaskan ada dua persoalan penting yang perlu menjadi bagian dari tugas Gerakan Pramuka. Antara lain, bagaimana membangun kemandirian gerakan pramuka dan bagaimana membentuk karakter kaum muda.

Kedua persoalan tersebut dianggap penting mengingat kata kemandirian sangat relevan dengan jiwa kepramukaan. Kemandirian, kata Dadang, merupakan salah satu pilar penting bagi terciptanya kemajuan. Sedangkan kemajuan suatu bangsa, dicirikan oleh tumbuhnya generasi muda yang memiliki jati diri, karakter dan kepribadian yang luhur.(NJP)