Home » Bandung Raya » Kota Bandung Paling Sedikit Punya Tiga RSUD

Kota Bandung Paling Sedikit Punya Tiga RSUD

Gedung RSKIA (jabartoday/eddy koesman)

JABARTODAY.COM, BANDUNG — Pemerintah Kota Bandung sedikitnya membutuhkan tiga Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Hal itu guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Ketiga RSUD itu sebaiknya ada di wilayah selatan, timur dan tengah.

“Gedungnya bisa menyatu dengan rumah sakit lainnya. Seperti RSUD dan RSKIA diwilayah selatan,” kata Direktur Utama Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Kota Bandung dr. Taat Tagore, Selasa (8/10/2019).

Taat mengatakan, pihaknya kini sedang menyiapkan peralatan kesehatan berikut meubeler di RSKIA. Rencananya, mulai tahun depan ditargetkan RSUD/RSKIA sudah bisa dioperasikan.

“Di dalam RSUD, memungkinkan ada RSKIA. Tapi tidak mungk8n bila sebaliknya,” ujar Taat.

Sesuai dengan peraturan menteri kesehatan, untuk satu rumah sakit umum deerah membutuhkan banyak pegawai dari berbagai profesi mulai dokter, bidan, perawat, sampai dengan apoteker. Bahkan, diwajibkan memiliki layanan dokter spesialis.

“Untuk mensiasati, kami akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Bandung,” kata Taat.

Taat mengatakan, keberadaan RSUD di Kota Bandung untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat lebih cepat, dekat dan terjangkau, meskipun sudah ada rumah sakit swasta yang tersebar di wilayah Kota Bandung.

“Untuk pelayanan tingkat pertama Kota Bandung, juga memiliki puskesmas yang melayani rawat inap,” pungkas Taat. (edi)

Baca Juga:  Yana Mulyana Ungkap Penyebab Bandung Kota Termacet di Indonesia