Kota Bandung Diklaim Cukup Aman

Pencurian kendaraan bermotor.
Pencurian kendaraan bermotor.

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Kota Bandung dinilai sudah cukup nyaman bagi masyarakat. Itu dikarenakan tingkat kejahatan, khususnya di jalanan, telah menurun drastis. Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Bandung Irfan Wibowo menyatakan, hingga akhir Agustus 2014, pihaknya hanya menerima 50 Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) dari kepolisian.

“Tahun lalu, saat saya baru masuk, ada sekitar 90 SPDP. Malah pernah mencapai ratusan SPDP,” tukas Irfan di Pengadilan Negeri Bandung, Rabu (24/9/2014).

Dari puluhan SPDP tersebut, didominasi oleh kejahatan jalanan seperti pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian kendaraan bermotor (curanmor), hingga kasus berandalan bermotor. Meski begitu untuk kasus berandalan bermotor, dikatakan Irfan, nyaris tidak ada lagi.

Tak hanya dari sisi SPDP, penilaian Bandung menjadi lebih aman bagi warganya. Dari jumlah tahanan, dituturkan Irfan, sudah mengalami penurunan cukup signifikan. Biasanya, sambung dirinya, pihaknya menyidangkan hampir ratusan terdakwa. “Senin (22/9/2014) saya ngecek, jumlah tahanan ada 45 orang. Hari ini pun, hanya ada 27 tahanan,” ungkap Irfan.

Penurunan itu tidak lepas dari tuntutan tinggi yang diberikan kejaksaan kepada para pelaku kriminal. Bahkan, ucap Irfan, ia pernah memberikan tuntutan 20 tahun penjara bagi berandalan bermotor yang menusuk seseorang. Itu dilakukan, tegasnya, untuk memberikan efek jera kepada para pelaku kriminal lainnya.

Selain itu, dirinya menandaskan, tidak hanya melalui jumlah laporan atau tahanan yang menjadi acuan bahwa Kota Bandung sudah cukup aman, melainkan komentar-komentar masyarakat yang beredar di media massa bahkan media sosial. (VIL)

Related posts