Home » Agenda » Kontes Kopi Khas Nusantara Digelar di Bandung 17-19 Oktober 2019

Kontes Kopi Khas Nusantara Digelar di Bandung 17-19 Oktober 2019

Kontes Kopi Bandung

JabarToday.com, Bandung — Kontes kopi khas nusantara bertajuk “Kontes Kopi Specialty Indonesia (KKSI)” bakal digelar di Gedong Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung, 17 – 19 Oktober 2019.

Bakal diikuti peserta dari berbagai kalangan pegiat dan penghasil kopi, Kontes Kopi ini bertujuan menjaring kopi unggul hasil perkebunan di Indonesia untuk diperkenalkan kepada komunitas penggemar kopi internasional.

Menrut perwakilan panitia penyelenggara dari PT Langit Biru Maharaya, Adep Husni, kontes kopi tersebut akan diikuti peserta dari seluruh Indonesia.

Para peserta terdiri atas perorangan, kelompok tani, koperasi, perusahaan, instansi pemerintah, lembaga penelitian, coffee shop, eksportir kopi, dan lainnya. Mereka akan memajang kopi kopi terbaik, jenis arabika dan robusta.

“Untuk menjaring kopi terbaik nusantara, kami menggelar seleksi tahap awal. Peserta harus mengirimkan sample kopi terbaik kepada panitia. Nanti, akan dipilih 15 kopi terbaik,” kata Adep Husni kepada wartawan di Bandung, Kamis (10/10/2019).

Kelima kopi terbaik yang lolos seleksi akan diikutkan pada acara pameran di Sabilulungan. Pada kesempatan itu, akan dipilih tiga pemenang sebagai kopi dengan cita rasa terbaik. Pemenang akan mendapatkan hadiah dan piagam penghargaan.

“Acara KKSI merupakan event yang rutin digelar setiap tahun. Tahun ini, KKSI merupakan penyelenggaraan ke-11,” ujarnya.

Hasil akhir dari KKSI, ungkap Adep, akan mendorong peningkatan nilai jual kopi, khususnya kopi berkualitas baik di Indonesia.

“Ini juga momen untuk mempromosikan kopi-kopi yang bercitarasa baik. Daerah penghasil kopi terbaik bisa ikut terpromosikan sebagai destinasi wisata. Sehingga akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah tersebut,” pungkasnya.

Kontes Kopi Spesialti Indonesia (KKSI) – Bandung, 17-19 Oktober 2019

Acara tahunan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI). Bertujuan untuk mendorong dan mengembangkan kopi spesialti Indonesia.

Rundown acara :

17 Oktober’19

– Jelajah kopi
– Forum diskusi kopi nasional18 Oktober’19
– Asia Coffee Symposium

19 Oktober’19

– Fun Cupping Competition
– Kontes Kopi Spesialti Indonesia (KKSI 11)
– Ekspos kopi negara-negara Asia

17-19 Oktober’19 : Pasar Kopi

• Lokasi : Gedong Sabilulungan Bandung
• Tanggal : 17 – 19 Oktober 2019

(agromedia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *