Komunitas Jurnalis Dorong Profesionalisme Guru

  • Whatsapp
Seorang guru mengajar dalam kondisi kelas memprihatinkan. (DOK JABARTODAY.COM)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

 

Peduli terhadap nasib pendidikan nasional, Komunitas Jurnalis Peduli Pendidikan (KJPP) mengadakan seminar pendidikan yang bertajuk Perkembangan dan Pencitraan Guru dalam Upaya Mewujudkan Profesi Terhormat dan Profesionalisme Guru di Hotel Grand Royal Preanger, Rabu (10/10).  Acara tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas para guru.

 

Ketua Panitia Seminar Pendidikan Mohammad Kustandi menjelaskan, seorang guru harus dibekali dengan pengetahuan dan wawasan luas. “Sehingga, tidak hanya memahami regulasi tentang dunia pendidikan, tapi juga mengerti dan paham tentang undang-undang lainnya,” ujarnya, Rabu siang.

 

Namun, lanjut Kustandi, keterbatasan waktu dan biaya seringkali menjadi kendala para guru dalam hal mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang mumpuni. Sehingga, kesempatan mengikuti berbagai seminar maupun dialog sangat terbatas. “Maka dalam rangka itu, kita selenggarakan acara ini,” katanya.

 

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, 10-11 Oktober 2012, diikuti sekitar 1000 peserta yang merupakan perwakilan guru SD/MI, SMP/Mts, SMA/MA/SMK di Kota Bandung. Hadir sebagai pembicara adalah Prof. Dr. H. E. Mulyasa, M.Pd yang memberikan materi Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Implementasi Standar Nasional Pendidikan, kemudian DR.H. Dadi Permadi, M.Ed, Prof. Dr. H. Moh. Surya yang membawakan materi Performance dan Citra Seorang Guru.

 

Untuk melengkapi wawasan dan pengetahuan tentang jurnalistik, panitia mengundang anggota Dewan Pers, Wina Armada, yang menjelaskan tentang UU Pokok Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Banyaknya peserta, membuat panitia membagi dua kelompok peserta. Hari pertama 500 peserta dan hari kedua 500 peserta, dengan tempat, pembicara dan materi yang sama. (AVILA DWIPUTRA)

Related posts