Kemendagri Godok Pembukaan S-III di IPDN

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM – JATINANGOR

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tengah menggodok rencana pembukaan program studi (prodi)  Ilmu Pemerintahan strata III (S-III) di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Pembukaan prodi bertujuan untuk memenuhi pakar ilmu pemerintahan yang langsung bisa mempraktikkan ilmunya di daerah.

Juru Bicara Pusat Penerangan Kemendagri, Reydonnyzar Moenek, mengatakan, berbarengan dengan diberlakukannya otonomi dan desentralisasi, diperlukan praktisi yang bisa mengelola birokrasi pemerintahan di daerah.

“Bekal ilmu tinggi yang didapat di S-III prodi Ilmu Pemerintahan bisa dioperasionalisasikan di daerah. Aparatur yang telah menyelesaikan S-III bisa langsung mengaplikasikan ilmu pemerintahan di lapangan,” kata Reydonnyzar kepada wartawan seusai Pengukuhan Pamong Praja Muda di Kampus IPDN, Kamis (6/9).

Pada kesempatan sama, Rektor IPDN, H.I. Nyoman Sumaryadi, kepada wartwan, menyebutkan, pengajuan pembukaan prodi S-III llmu Pemerintahan di IPDN telah masuk ke dalam website Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Rencanya kampus prodi S-III Ilmu Pemerintahan berlokasi di Cilandak, Jakarta Selatan. Kita targetkan mahasiswa pada prodi ini di bawah 1.00 orang. Dengan begitu, proses pembelajaran bisa berlangsung intensif,” kata Nyoman. (DEDE SUHERLAN)

Related posts