Kembalikan Nilai Sosial Masyarakat, GP Ansor Jabar Adakan Shalawat Bersama

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Memunculkan kembali nilai-nilai sosial dan tradisi yang mulai hilang di kehidupan masyarakat menjadi tujuan acara Jabar Bershalawat yang diadakan oleh Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Jawa Barat di Lapangan Gasibu, Jumat (16/11). Hal itu disampaikan oleh Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor Jabar, Hendrik Kurniawan.

“Semoga dengan bershalawat bersama-sama, dapat memunculkan nilai-nilai keagamaan, sosial dan tradisi yang mulai hilang di kehidupan masyarakat,” katanya, di kantor PW GP Ansor Jabar, Jalan Pasir Salam, Kamis (15/11).

Dirinya berharap dengan hadirnya 14 ribu hingga 20 ribu peserta dari seluruh wilayah di Jabar, akan memunculkan suatu harapan baru, khususnya bagi masyarakat Jabar. Ribuan peserta itu terdiri dari keluarga besar Nahdhatul Ulama, GP Ansor, Banser dan jamaah pengajian lainnya untuk bershalawat bersama Habib Syech Abdul Qodir Assegaf.

Ketika disinggung kegiatan ini terkait adanya dukungan di Pemilihan Gubernur Jabar 2013 mendatang, Hendrik menampik hal tersebut, dikarenakan acara ini murni untuk mengembalikan nilai sosial dan tradisi yang hampir hilang di masyarakat. Namun, dirinya tidak memungkiri untuk memberikan sosialisasi kepada anggota GP Ansor menghadapi Pilgub Jabar. “Kita akan memberikan sosialisasi, agar menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan mendatang,” ujarnya.

Meski mengundang para calon gubernur, pihaknya tidak mendukung siapapun, murni hanya untuk memohon doa kepada Yang Maha Kuasa. Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Dede Yusuf sendiri akan diposisikan sebagai pimpinan tertinggi Jabar, terutama Heryawan yang akan diberi kesempatan untuk menyampaikan sambutan. “Kita mengundang para calon gubernur agar dalam menghadapi pilgub nanti melakukan politik yang santun,” timpalnya.

Selain melakukan shalawat bersama, kegiatan itu juga untuk melantik para pengurus baru GP Ansor Jabar Masa Khidmat 2012-2016. Direncanakan akan hadir Ketua Umum NU Said Agil Siradj. Turut diundang Walikota Bandung Dada Rosada, para calon Gubernur Jabar, seperti Rieke Dyah Pitaloka-Teten Masduki, Irianto MS Syaifuddin-Tatang Farhanul Hakim, Dikdik Mulyana Arief Mansur-Cecep Nana Suryana Toyib, Lex Lesmana, Deddy Mizwar.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Jabar Bershalawat, Zainuddin, menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat Kota Bandung, yang nantinya terganggu dengan adanya kegiatan tersebut, seperti kemacetan di sekitar Gasibu. “Sebelumnya kami meminta maaf kepada masyarakat, khususnya Kota Bandung, yang akan terganggu kelancarannya dalam beraktivitas,” imbuh Zainuddin. (AVILA DWIPUTRA)

Berita Terkait